Penyebab Mabuk Kendaraan dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Perjalanan terkadang tidak selalu manis rasanya, terkadang ada saja yang membuat perjalanan kita membuat tidak nyaman seperti gejala mabuk melanda kita yang identik dengan perasaan mual, pusing, keringat dingin bahkan bisa muntah.

Bila yang sudah menjadi langganan mabuk kendaraan, biasanya sudah antisipasi sebelum bepergian seperti meminum obat anti mabuk dahulu sebelum berangkat. Namun terkadang ada juga yang biasanya tidak pernah mabuk kendaraan malah suatu ketika saat bepergian malah mabuk. Lantas apa sih yang menjadi penyebab mabuk kendaraan.

Nah tim kami sudah mengumpulkan beberapa data dari berbagai sumber terpercaya mengenai penyebab mabuk kendaraan dan bagaimana cara mencegahnya, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Mabuk Kendaraan

Berdasarkan dari ilmu kesehatan, penyebab mabuk kendaraan bisa terjadi karena 2 faktor yaitu keseimbangan tubuh dan faktor riwayat penyakit.

a. Faktor Keseimbangan tubuh

Penyebab mabuk kendaraan yang umumnya dialami oleh manusia saat berkendaraan andalah karena faktor keseimbangan tubuh terganggu, hal ini terjadi karena mata dan telinga terganggu oleh kendaraan yang terus bergerak sehingga menimbulkan gejala kepala berputar, perut mual hingga muntah.

b. Faktor Riwayat Penyakit

Penyebab mabuk kendaraan selanjutnya yaitu karena faktor riwayat penyakit. Faktor riwayat penyakit disini hanya terjadi pada penyakit tertentu seperti mempunyai riwayat penyakit vertigo. Penyakit Vertigo ini juga bisa menyerang organ keseimbangan seseorang dimana gejalanya muncul apabila dipacu dengan hal-hal yang dapat mengganggu organ keseimbangan sama halnya dengan naik kendaraan.

Cara mencegah mabuk perjalanan

Adapun untuk mencegah terjadinya mabuk perjalanan, anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhana dibawah ini agar terhindar dari mabuk kendaraan.

  1. Sebelum melakukan perjalanan dengan naik kendaraan, sebaiknya isi perut terlebih dahulu dengan makan. Jangan sampai perut dalam keadaan kosong saat bepergian.
  2. jika paginya hendak bepergian, maka malam sebelum bepergian sebaiknya minum obat masuk angin atau pijet, kerokan dsb. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan angin yang ada didalam tubuh kita.
  3. Saat di kendaraan sebaiknya cari posisi yang nyaman dan hindari dari aktivitas membaca buku, sms, mainan HP dll. Usahakan mata agar bisa fokus kedepan.
  4. Jangan makan yang bisa memicu mual, biasanya setiap orang berbeda-beda
  5. Konsumsi perment mint, makan yang mengandung rasa asam sepeti makan jeruk, salak dll.
  6. Jika gejala mual, pusing dan keringat dingin melanda, sebaiknya fokuskan padangan ke depan atau bisajuga dibawa tidur.

Baca juga : 5 Tips Menghemat Baterei Handphone Saat Traveling

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Penyebab Mabuk Kendaraan dan Bagaimana Cara Mencegahnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *