Mau Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Yuk Ikuti Tips mudik aman dengan sepeda motor

Tips mudik aman dengan sepeda motor

Bagi warga Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mudik. Hampir setiap tahun warga Indonesia melaksanakan yang namanya mudik kekampung halaman. Biasanya mudik terjadi di hari libur panjang, libur hari besar keagamaan dll.

Sebentar lagi Indonesia akan memasuki musim mudik yaitu mudik lebaran. Dimana masyarakat perantauan akan pulang ke kampung halamannya masing-masing. Uniknya setiap mudik pasti ada saja cara agar bisa sampai ke kampung halaman seperti naik kendaraan umum, bawa kendaraan sendiri seperti mobil, motor sepeda ontel dll.

Namun kali ini kami akan berbagi tips mudik aman dengan sepeda motor. Pengalaman ini kami share dari beberapa kali si penulis mudik dari Bekasi ke Lampung menggunakan sepeda motor.

Namun perlu diketahui bahwa Pemerintah Indonesia telah mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor. Sebab, terlalu banyak resikonya. Apalagi mudik membawa keluarga sangat tidak dianjurkan.

Tapi jika kamu salah satu di antara pemudik yang nekat menggunakan sepeda motor, berikut ini merupakan Tips mudik aman dengan sepeda motor

1. Tidur yang cukup sebelum keberangkatan

Seorang pengendara sepeda motor tentu harus mempunyai fisik yang prima, karena lawan terberat pengendara sepeda motor jarak jauh ya fisiknya sendiri. Sehingga sangat dianjurkan bagi anda yang ingin mudik menggunakan sepeda motor agar tidur terlebih dahulu sebelum keberangkatan minimal 5 – 8 jam.

Hal ini juga bisa meminimalisir ngantuk saat berkendaraan.

2. Pastikan kondisi kendaraan keadaan OK

Sebelum berangkat sebaiknya luangkan waktu untuk mengecek sepeda motor anda. Pastikan semua bekerja dengan normal, seperti rantai, rem, kelistrikan, lampu-lampu, hingga busi.

Sebaiknya lakukan service motor dulu sebelum dibawa mudik. dan jangan lupa bawa surat kendaran seperti STNK dan SIM.

Selain itu, kelengkapan berkendara juga wajib dipakai seperti helm, Jaket, sepatu, maskes dan sarung tangan. Pastikan juga jas hujan tidak tertinggal.

3. Menepi setiap dua – tiga jam sekali

Mengendarai sepeda motor tidak hanya menguras energi, tapi juga konsentrasi perlahan akan berkurang. Karena itu, untuk mencegah kelelahan sekaligus menjaga konsentrasi, menepilah setiap 2 sampai 3 jam sekali.

Saat menepi sebaiknya lakukan tiduran agar tulang belakang dan kaki bisa lurus. Dan jika ingin melanjutkan perjalanan lagi sebaiknya lakukan perenggangan terlebih dahulu.

4. Berangkat diwaktu subuh

Waktu terbaik untuk berangkat adalah subuh yaitu setelah sholat subuh. Sebab saat itu kondisi tubuh sedang dalam keadaan bugar dengan catatan anda tidur 5-8 jam sebelumnya.

Hindari mudik berangkat tengah malam. Sebab resiko mengantuk bisa membayangi anda sepanjang perjalanan. Selain itu kondisi jalanan yang asing juga menjadi resiko lainnya seperti lubang yang tidak kelihatan. Apalagi, belum tentu semua rute yang akan anda lewati aman dari kejahatan jalanan.

5. Jangan tergesa-gesa

Keluarga anda memang menanti anda di kampung halaman, tapi mereka tentu saja ingin melihat anda datang dengan selamat. Karena itu, jangan tergesa-gesa di jalanan.

karena faktor utama banyaknya kecelakaan si pengendara terlalu tergesa-gesa dalam mengendarai sepeda motornya, sehingga hilang kendali saat ada sesuatu yang mengganggu

Sebaiknya nikmati saja perjalanan anda dan jangan memaksakan diri jika merasa lelah supaya Istirahat.

Baca juga Rute Perjalanan Mudik Menggunakan Sepeda Motor dari Bekasi ke Lampung

Demikianlah informasi yang bisa kami share mengenai Tips mudik aman dengan sepeda motor. Semoga informasi ini bisa membantu anda yang ingin mudik menggunakan sepeda motor.

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *