Penyebab Aki Mobil Sering Soak, Ngedrop Atau Tekor Serta Cara Memperbaikinya – 7saudara.com

Penyebab Aki Mobil Sering Soak, Ngedrop Atau Tekor

Aki merupakan salah satu komponen yang vital pada mobil. Aki yang kondisinya kurang baik seperti soak, ngedrop atau tekor bisa mengakibatkan mobil kita tidak bisa di starter. Bahkan akan berpengaruh terhadap fungsi komponen yang lainnya terutama yang berhubungan dengan kelistrikan.

Ada banyak tanda-tanda aki yang kondisinya kurang baik seperti lampu pada indikator redup, saat starter dinamo starter tidak berputar, lampu redup dsb.

Jika mobil anda sudah mengalami seperti itu sebaiknya segera periksa aki mobil anda dan lakukan perbaikan. jangan sampai menunggu soak dulu baru di perbaiki ya, bisa-bisa anda tidak dapat menstarter mobil anda.

Bagi anda yang ingin melakukan perawatan aki mobil anda agar tidak cepat Soak, Ngedrop atau tekor, yuk simak informasi mengenai Penyebab Aki Mobil Sering Soak, Ngedrop Atau Tekor serta cara memperbaikinya dibawah ini :

1. Air Aki level Low

Ketinggian permukaan air aki dapat mempengaruhi tegangan yang dimiliki oleh aki. Jika air aki berada pada posisi Low atau di bawah low dapat dipastikan aki anda tekor.

Cara Memperbaikinya yaitu isi kembali air aki dengan air aki khusus isi ulang. Pastikan ketinggian permukaan air aki tidak lebih dari posisi atas atau upper.

2. Penjepit terminal aki kotor.

Aki merupakan perubahan dari bahan kimia menjadi arus listrik, sehingga pada proses penguapan air aki, aki akan mengeluarkan kotoran. Biasanya kotoran berada pada terminal aki baik terminal aki positif maupun negatif.

Cara memperbaikinya yaitu bersihkan terminal aki dan jepitan aki dari kotoran menggunakan air panas. Jika sudah bersih, Penjepit dan terminal aki bisa dioleskan oli atau minyak gemuk.

3. Salah satu klistrikan aktifterlalu lama

Salah satu penyebab aki sering soak yaitu ada kelistrikan mobil yang digunakan secara terus menerus dalam beberapa jam dengan keadaan mesin mati seperti lampu kabin, atau lampu kabut atau lampu utama.

Solusinya yaitu Jika aki sudah ngedrop dan tidak bisa untuk starter mobil anda bisa menjamper aki dengan kendaraan lainnya atau bisa di cas ulang. Namun jika aki masih bisa untuk starter mobil anda bisa menyalakan mobil anda hingga beberapa menit tanpa menghidupkan komponen klistrikan lainnya.

4. Mobil jarang di pakai atau di panaskan

Mobil yang jarang digunakan atau di panaskan akan membuat aki cepat rusak (soak). karena kondisi aki tidak terisi dan komponen aki menjadi rusak sehingga tidak bisa menghasilkan tegangan pada aki.

Solusinya adalah jika memang mobil anda terparkir dirumah dalam waktu yang lama, sebaiknya 3 hari sekali mobil dipanaskan agar aki tetap berfungsi dan kondisi mesin mobil anda tetap baik.

5. Terdapat banyak aksesoris listrik pada mobil

Mobil yang memiliki banyak aksesoris yang memerlukan listrik seperti audio atau lampu tambhan dapat menyebabkan aki cepat tekor. Memang sih mobil jika tidak ada aksesoris sepertinya kurang menarik .

Solusinya yaitu jika memang mobil anda banyak aksesorisnya seperti audio, TV atau lampu tambahan sebaiknya jangan dinyalakan secara bersamaan. Agar keseimbangan penggunakan listrik dari aki tetap normal.

6. Aki tidak terisi saat mobil dinyalakan

Hal ini sering terjadi jika terdapat masalah pada dinamo starter mobil yang berfungsi untuk menyalurkan setrum dari mesin ke aki. Sehingga ketika ini terjadi aki tidak dapat terisi setrum ketika mesin mobil sedang menyala.

6. Sel pada aki sudah rusak

Yang terakhir penyebab aki Mobil Sering Soak, Ngedrop Atau Tekor adalah kondisi sel pada aki sudah rusak. Hal ini mungkin karena umur mobil aki sudah lama.

Baca juga

 7 Service Mobil yang Bisa dilakukan Sendiri Di Rumah

 Panduan Memperbaiki Aki Kering Mobil GS Yang Soak

Ituah tadi informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Penyebab Aki Mobil Sering Soak, Ngedrop Atau Tekor serta cara memperbaikinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu anda yang mempunyai masalah dengan aki mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *