Ini Alasannya Kenapa Shock Depan Kiri Rawan Bocor !!! – 7saudara.com

Salah satu masalah yang sering terjadi pada suspensi atau shock motor bagian depan adalah bocornya oli. Kebocoran tersebut nampak terlihat keluar dari selah-selah oli seal atau karet seal.

Jika hal ini dibiarkan, maka kenyaman alam mengenadarai sepeda motor akan berkurang apalagi saat melewati jalan yang rusak atau tidak rata.

Baca juga

Kebocoran yang terdapat pada shock depan motor ini disebabkan oleh beberapa hal, namun umumnya disebabkan karena seal oli yang sudah mengeras atau melar. Tapi bisa juga terjadi karena pemasangan oli seal yang tidak presisi saat modifikasi motor.

Namun menariknya, pada motor-motor tertentu kebocoran shock breaker hanya terjadi pada shock depan bagian kiri saja. Motor-motor tersebut adalah motor yang tidak dilegkapi standar tengah motor.

Kebocoran tersebut terjadi karena motor tidak memiliki standar tengah sehingga selalu menggunakan standar samping saat motor parkir. Yang terjadi adalah beban motor menumpu pada shock bagian kiri saja. Disitulah kecendrungan adanya oli bocor sebelah.

Menurut informasi yang kami dapatkan dari salah seorang pemilik bengkel MaxTorque sekaligus memiliki motor kawasaki Ninja 250 yang diwawancarai oleh tim Liputan6.com yaitu Andhika Nugroho dia mengatakan “Karena tidak ada standar tengah, maka tiap standar samping, beban menumpu di sisi kiri shock saja. Di sana ada kecenderungan oli bocor sebelah,”

Menurut Andhika, kalau ada motor yang mempunyai standar tengah, maka jika oli shock bocor tidak lain karena disebabkan faktor pemakaian. “Umumnya memang dua atau tiga tahun pemakaian sudah bocor. Di bengkel saya banyak yang seperti itu,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *