Panduan Memperbaiki Aki Kering Mobil GS Yang Soak – 7saudara.com

Memperbaiki Aki Kering Mobil GS Yang Soak

Aki merupakan salah satu komponen yang memiliki peran cukup penting untuk mobil. Tanpa adanya aki, anda dapat dipastikan akan mengalami kesusahan saat akan menyalakan mesin kendaraan anda.

Di dalam aki terjadi proses elektrokimia reversibel yang dapat merubah dari bentuk kimia menjadi energi listrik, sehingga aki dapat menyimpan energi listrik yang digunakan untuk menyuplai listrik ke komponen listrik lainnya yang ada didalam mobil seperti starter, lampu dsb.

Ada 2 tipe jenis aki yang umum digunakan yaitu aki kering dan aki basah, namun kali ini kami akan membahas tentang aki kering yaitu bagaimana memperbaiki aki kering mobil GS yang tidak dapat menyala.

Aki kering adalah aki yang secara fisik tidak terdapat cairan di dalamnya. Perawatan aki kering sangat lah mudah dibandingkan aki basah. Bahkan dapat dikatakan tidak ada perawatan khusus untuk aki kering.

Namun walaupun begitu tetap saja terkadang terdapat masalah pada aki kering misalnya aki tiba-tiba mati dan tidak bisa menyuplai aliran listrik ke komponen listrik lainnya.

Nah untuk itu, kali ini kami akan membahas mengenai Memperbaiki Aki Kering Mobil GS Yang Soak. Berikut ini penjelasannya :

1. Lepas Kabal penghubung aki dengan mobil

Hal pertama yang anda harus lakukan ketika menjumpai aki mobil anda tidak menyala adalah melepas aki dari mobil yaitu dengan cara melepas kabal yang terhubung dengan aki. Setelah itu bersihkan aki dari kotoran menggunakan air hangat dan lap hingga kering dan bersih.

2. Siapkan Alat dan Bahan

Berikut ini beberapa daftar alat dan bahan yang perlu disiapkan, antara lain:

  • Air aki atau zuur. Pastikan jika anda membeli air aki yang benar. Air aki yang dimaksud adalah air aki yang digunakan untk pengisian aki baru bukan untuk menambah cairan pada aki.
  • Obeng (-)  digunakan untuk membuka cover yang ada pada bagian atas aki kering.
  • Jarum suntik atau suntikan yang digunakan untuk memasukkan air aki ke dalam boks aki.
  • Kain lap.

3. Buka Penutup Bagian Atas aki

Langkah selanjutnya adalah membuka bagian penutup atas yang terdapat pada aki. Anda bisa menggunakan obeng min untuk membukanya. Saat membukanya anda harus hati-hati jangan sampai bagian tersebut robek atau pecah.

Biasanya tutup ini akan merekat sangat kuat karena pihak pabrikan memang sudah mendesainnya, agar aki tidak mudah mengalami kebocoran.

Setelah bagian penutup atas terbuka, anda akan melihat tutup kecil berbahan karet bulat. Biasanya terdapat 3 buah tutup dalam sebuah aki yang berukuran kecil, jumlahnya bisa lebih banyak pada ukuran aki yang memiliki ampere lebih besar.

3. Masukkan Air Aki (Zuur) kedalam aki

Setelah itu anda bisa memasukkan air aki (zuur) kedalam aki menggunakan suntikan yang sudah disiapkan. Suntikkan air aki kedalam aki dengan hati-hati dan maksimal untuk volume air aki adalah 1 cm dari lubang aki.

4. Pasang Penutup Kembali

Setelah air aki terisi penuh, tutup kembali lubang yang telah anda buka tadi. Agar bisa rapat seperti semula, anda bisa menambahkan lem plastik atau lem tembak untuk menanggulangi kebocoran pada penututup.

5. Pengisian Tegangan (Cas Aki)

Langkah Selanjutnya adalah pengisian tegangan atau charger aki. Anda bisa melakukan pengecasan dengan menghubungkan aki pada mobil atau motor lainya yang menyala. Secara otomatis aki akan mendapatkan tegangan inject dari listrik yang dihasilkan mesin mobil atau motor tersebut.

Cara lainya yaitu anda bisa menghubungkan aki dengan trafo cas atau charger menggunakan tranformator agar pengisian aki bisa lebih cepat.

6. Lakukan Pengetesan aki

Setelah aki di cas, jangan lupa melakukan pengetesan aki apakah sudah bermuatan tegangan apa belum. Anda bisa mengetahuinya ketika aki dipasang pada mobil kemudian mesin mobil di starter.

Jika mobil menyala maka sudah dipastikan bahwa aki sudah memiliki tegangan. Kemudian biarkan mobil dalam keadaan menyala sekitar 20 menit tujuannya agar tegangan pada aki dapat stabil.

Baca juga 7 Panduan Service Mobil yang Bisa dilakukan Sendiri Di Rumah

Nah itu tadi informasi mengenai memperbaiki aki kering mobil GS yang soak yang bisa anda lakukan. Semoga informasi ini bia bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *