Daftar Gunung yang Cocok Untuk di Daki Bagi Pemula

Gunung yang Cocok Untuk di Daki Bagi Pemula

Mendaki gunung saat ini sudah menjadi wisata favorit bagi muda-mudi khususnya bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Pendakinya tidak mengenal usia mau masih SMP, SMA, Kuliah, sudah kerja bahkan sudah berumah tangga tetap suka mendaki gunung.

Pemandangan dari puncak gunung yang berupa lautan awan dan sunrise menjadi daya Tarik tersendiri bagi kalangan pendaki, sehingga tidak heran jika seseorang sudah pernah mendaki akan mengulang mendaki gunung kembali.

Nah, bagi kamu yang mencari pengalaman baru dalam hal mendaki gunung, alangkah baiknya kamu mendaki gunung yang memiliki ketinggian rendah terlebih dahulu supaya fisik kamu tidak kaget dengan kondisi jalur pendakian.

Berikut ini kami informasikan daftar gunung yang cocok untuk didaki bagi pemula :

1. Gunung pulosari

Gunung pulosari terletak di daerah pandeglang, provinsi Banten. Gunung ini sangat cocok untuk pendaki newbie karna memiliki ketinggian 1.346 mdpl.

Gunung pulosari merupakan gunung berapi yang masih aktif, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan meletus sehingga bagi kamu yang berniat mendaki gunung dalam waktu dekat bisa di wujudkan.

Gunung pulosari memiliki keindahan sangat memukau sehingga tidak menyesal jika kamu mendaki gunung ini.

2. Gunung andong

Beralih ke provinsi jawa tengah,yaitu gunung andong yang terletak di kabupaten magelang, jawa tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.762 mdpl masih tergolong rendah bagi pendaki newbie. Walau tergolong rendah namun jalur yang akan kamu lewati akan membuat kamu kelelahan karena treknya yang menanjak dan sangat sedikit sekali yang datar.

Banyak pendaki mengaku bahwa pemandangan dari puncak gunung andong sangatlah indah karena kamu dapat melihat gunung merapi dan gunung merbabu yang menjulang tinggi didepan mata kamu.

Selain itu, jika kondisi gunung keadaan cerah, kamu bisa melihat gunung lainnya yang berderetan seperti gunung sumbing, gunung sindoro, gunung ungaran, gunung telomoyodan gunung prau yang terletak di wonosobo.

3. Gunung panderman

Selanjutnya gunung yang cocok untuk pendaki newbie adalah gunung panderman. Gunung ini terletak di kota batu, Malang jawa timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.045 mdpl masih tergolong rendah untuk di coba bagi pendaki newbie.

4. Gunung sibayak

Beralih ke pulau sumatera yaitu gunung sibayak yang terletak di daerah Berastagi, Sumatera Utara. Gunung ini memiliki ketinggian 2.212 mdpl dan meiliki 3 jalur pendakian namun yang paling sering di lewati adalah jalur turis karena hanya membutuhkan waktu 2

5. Gunung ijen

Gunung ijen merupakan salah satu gunung yang terkenal kawah ijennya, di bagian kawahnya terdapat banyak belerangnya sehingga jika kamu mendaki gunung ini banyak sekali warga yang menggendong belerang dari dekat kawah di bawa turun.

gunung ini terletak di banyuwangi, Jawa timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2,443 mdpl. Hanya membutuhkan waktu 2,5 jam  3 jam perjalanan dari pos paltuding menuju puncak. Jika kamu berada di puncak gunung ijen saat masih gelap, kamu bias melihat blue fire (api biru).

6. Gunung Prau

Gunung prau merupakan gunung yang terkenal dengan pemandangan golden sunrise yang sangat indah. Gunung prau ini terletak di daerah wonosobo, jawa tengah memiliki ketinggiann 2,565 mdpl.

Adapun jalur yang paling favorit bagi pendaki adalah jalur bestcamp patak banteng dan dieng.

Jalur patak banteng memang paling favorit diantaranya jalur yang lainnya, hal ini di karenakan jalur patak banteng hanya membutuhkan 4 jam perjalanan sampai ke puncak.

Jalur patak banteng memang lebih cepat di bandingkan jalur lainnya, namun jalur ini memiliki trek yang menanjak terus hingga sampai ke puncak

baca juga perkiraan biaya mendaki ke gunung prau

7. Gunung papandayan

Selanjutnya yaitu gunung papandayan yang terletak di garut, jawa barat. .gunung ini terkenal dengan pemandangan hutan matinya yang sangat fotogenik, gunung ini memiliki ketinggian 2,665 mdpl. Sehingga hanya membutuhkan 4 jam perjalanan untuk mencapai puncak

Selain memiliki hutan mati yang sangat fotogenik, gunung papandayan juga terkenal dengan hamparan gunung edelwis dan hamparan kawah belerang seperti kawah baru, kawah mas, kawah manuk dan kawah ngangklak.

baca juga informasi biaya transportasi ke gunung papandayan

8.  Gunung Gede

Gunung gede merupakan salah satu gunung yang terletak di bogor, jawa barat. Gunung gede ini lokasinya masih termasuk taman nasional  gunung gede pangrango.  Gunung ini memiliki ketinggian 2,958 mdpl dan merupakan salah satu gunung terfavorit untuk di daki di daerah jawa barat.

Untuk mencapai puncak gunung gede, setidaknya membutuhkan waktu 6 jam perjalanan, dengan melewati trek yang cukup melandai dan di lengkapi spot-spot yang menarik seperti air terjun cibereum, padang bunga edelwis, dan sumber air panas.

Baca juga 3 jalur pendakian gunung gede

9. Gunung Merbabu

Yang terakhir dari gunung yang cocok untuk di daki bagi para pemula yaitu gunung merbabu, gunung merbabu ini terletak di kabupaten magelang, saltiga dan boyolali jawa tengah dengan ketinggian 3145 mdpl.

Bagi para pemula di sarankan mendaki gunung merbabu melalui jalur selo karena di jalur ini memiliki banyak jalan yang datar di bandingkan jalur lainnya.

Itulah beberapa gunung yang cocok untuk di daki bagi para pemula, semoga informasi ini isa membatu anda dalam menemukan pengalaman baru untuk mengisi waktu libur.

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *