Berikut Keperluan yang Harus di Siapkan Sebelum Mendaki Gunung

Keperluan yang harus di siapkan sebelum mendaki gunung

Mendaki gunung saat ini menjadi salah satu wisata tervaforit bagi kalangan remaja. Namun disamping itu ada beberapa perlengkapan yang wajib di bawa saat mendaki gunung, agar pendakian kamu aman serta tidak merepotkan teman saat mendaki.

Karena misi mendaki gunung itu adalah bagaimana bisa bertahan hidup di alam gunung dengan peralatan yang ada sampai kita bisa pulang ke rumah dengan membawa perlengkapan yang lengkap juga.

Nah, bagi kamu yang pemula ataupun yang sudah berpengalaman, berikut ini kami informasikan keperluan yang harus di siapkan sebelum mendaki gunung. Jika kamu tidak mempunyai salah satu atau beberapa peralatan, kamu bisa pinjam atau sewa. Karena sekarang tempat sewa alat outdoor sudah banyak kok.

Daftar peralatan yang wajib di bawa saat mendaki gunung

1. Carier (tas gunung) minimal ukuran 40 L

Carier atau yang sering di sebut tas gunung merupakan tas yang memiliki kapasitas muatan banyak. Beda hal dengan tas ransel yang muatannya hanya sedikit. Naik gunung tidak bisa kamu lakukan hanya sehari saja sehingga bawaan cukup menggunakan tas ransel saja. Setidaknya butuh waktu 2 hari agar kamu bisa menikmati sunrise di puncak gunung.

Nah oleh sebab itu agar wisata kamu menjadi lebih berkesan kamu di wajibkan membawa tas yang besar agar perlengkapan kamu bisa masuk kedalam tas gunung tersebut.

2. Pakaian

Pakaian merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita saat mendaki gunung, karena jika salah memilih pakaian maka kamu akan mengalami pembekuan badan saat berada di puncak.

Pakaian untuk mendaki gunung di bedakan menjadi 2 yaitu pakaian untuk mendaki dan pakaian tidur.

a. pakaian Mendaki

Pakaian mendaki hendaknya pakaian yang terbuat dari bahan cotton atau pakaian yang dapat menyerap keringat, selain itu pilihlah pakaian yang tidak ketat (longgar ) dan juga safety.

b. Pakaian tidur

Pakaian tidur sebaiknya pilih yang bahannya bisa menahan panas dan juga memiliki bahan yang hangat.

Kenapa kedua pakaian ini harus di bedakan?

Mungkin teman-teman yang baru akan mendaki gunung bertanya-tanya kenapa pakaian naik gunung di bedakan, kenapa tidak di samakan saja jenisnya?

Kalau menurut saya, memang kedua pakaian tersebut harus di bedakan, karena fungsi kedua pakaian tersebut berbeda. Saat mendaki kamu akan banyak mengeluarkan keringat, karna badan kamu bergerak dan membawa beban yang banyak, sehingga tubuh kamu mengeluarkan keringat. Nah atas dasar tersebut jika mendaki gunung sebaiknya menggunakan pakaian bahan cotton.

Sedangkan saat tidur kenapa harus menggunakan bahan yang hangat, karena saat tidur tubuh kita harus di jaga suhu tubunya, apalagi suhu udara saat malam hari akan lebih dingin dari pada suhu saat siang hari.

Selain dari pakaian (baju) di atas, ada beberapa pakaian lainnya yang harus kamu bawa seperti :

3. Jaket

saat mendaki gunung sebaiknya kamu membawa 2 jaket yaitu jaket unuk mendaki dan jaket untuk tidur, kriteria jaket yang baik digunakan untuk mendaki ialah yang memiliki bahan tahan air, tahan dingin dan tahan angin (waterproof, cold proof dan wind proof).

4. Baju kaos minimal 2 buah

1 buah di gunakan untuk mendaki dan satu buah lagi di gunakan untuk tidur

5. Celana Panjang 2 buah

satu di gunakan untuk mendaki dan satu lagi di gunakan untuk tidur, hendaknya celana yang digunakan untuk mendaki tidak sempit alias longgar agar kamu lebih mudah dalam bergerak. Dan celana panjang untuk tidur sebaiknya memiliki bahan yang hangat.

6. Kaos kaki 2 pasang

Kaos kaki digunakan untuk melindungi kaki kamu saat mendaki gunung. Sedangkan satu pasang lagi bisa kamu gunakan saat tidur

7. Kupluk 2 buah

1 buah kupluk di gunakan saat mendaki yang berfungsi untuk menyerap keringat di kepala, sehingga kamu tidak repot-repot untuk mengelap keringat yang mengalir dari kepalamu. Yang satu buah lagi di gunakan saat tidur yaitu berfungsi menghangatkan kepala dari cuaca yang dingin.

8. Sepatu gunung dan Sendal gunung

Ada beberapa gunung yang mewajibkan para pendaki untuk memakai sepatu bukan sandal gunung. Namun lebih baiknya kamu membawa sandal juga agar lebih santai dan praktis saat kamu berada di perkemahan.

9. Sleeping bag dan matras tidur

Sleeping bag dan matras tidur harus kamu bawa sebagai peralatan istirahat kamu di malam hari, sleeping bag sebagai selimut sedangkan matras tidur berfungsi untuk alas tidur.

10. Jas hujan

Sesuai namanya yaitu jas hujan dapat kita gunakan saat hujan turun, karna jika tidak menggunakan jas hujan saat hujan, maka siap-siap kamu akan kedinginan. Sebaiknya letakkan jas hujan di bagian yang mudah di jangkau, sehingga ketika hujan turun bisa langsung memakainya tanpa perlu membongkar isi carier.

11. Headlamp atau senter

Headlamp atau senter sangat berguna saat malam hari. Apa lagi kamu yang ingin mengejar sunrise. Sangat tidak nyaman bila jalan gelap-gelapan di trek yang bebatuan.

12. Tenda

Tenda ini sangat kamu butuhkan jika kamu berencana menginap di gunung. Karena tenda ini dapat melindungi kamu dari suhu dingin, hujan, angin, binatang dan gangguan-gangguan lainnya. Namun jika kamu berniat tidak ingin menginap di gunung maka aaikan membawa tenda.

13. Makanan, minuman serta logistik lainnya

Jika di puncak gunung ada minimarket kamu tidak perlu membawa makanan dan minuman saat mendaki, nah yang jadi masalahnya itu di puncak tidak ada minimarket yang ada hanya hamparan pasir, tumbuh-tumbuhan dll. Jadi sebaiknya jika kamu mendaki bawa lah makanan dan minuman untuk bekal kamu di perjalanan.

14. Kantong plastik untuk sampah dan pakaian kotor

Kantong plastik digunakan untuk membawa sampah sisa makanan ke bawah, jadi kalau kamu mendakai jangan sampai kamu membuang sampah sembarangan ya. Selain itu juga bisa membungkus pakaian kamu yang kotor atau basah sehingga tidak tercampur dengan pakaian yang msih bersih.

15. Tisue kering dan tisue basah

Tisue ini akan sangat kamu butuhkan untuk membersihkan apapun seperti membersihkan piring, tangan, membersihkan badan, cebok dll. Jadi jangan sampai tidak bawa yaa.

Itulah beberapa keperluan yang harus di siapkan sebelum mendaki gunung. Semua harus kamu siapkan dalam keadaan bisa digunakan ya agar pendakian kamu bisa menyenangkan dan pulang dengan selamat.

Baca juga tips sebelum mendaki gunung yang wajib di lakukan bagi pemula

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *