Tips Membeli AC yang Tepat Berdasarkan Ukuran Ruangan – 7saudara.com

Saat ini penggunaan AC ruangan merupakan suatu hal yang wajib ada di rumah tangga, apalagi yang rumahnya berada di kota metropolitan. Suhu ruangan yang panas dan gerah bisa hilang dengan cara memasang AC di rumah.

Namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahui standarisasi ukuran PK AC yang ingin dipasang di ruangan, alhasil banyak yang berkomentar bahwa pemakaian AC sangat boros Listrik, AC cepat Rusak, ruangan lama dinginnya dll. Padahal semua itu disebabkan karena salah memilih ukuran PK AC yang di pasang.

Nah bagi anda yang ingin memasang AC, hendaknya ketahui dahulu AC ukuran PK berapa yang cocok untuk ruangan anda, namun sebelum itu alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa itu PK.

Apa Itu PK ?

PK pada AC merupakan singkatan dari Paard Kracht. Biasanya Kapasitas AC dinilai dari berapa PK AC itu. PK juga disebut sebagai horsepower atau tenaga dari AC tersebut.

Rumus Menghitung PK Untuk Ruangan

Agar AC ruangan dapat bekerja dengan maksimal, maka anda bisa menggunakan rumus ini untuk menentukan ukuran PK AC yang digunakan.

= Luas Ruangan (m2) x 500
= Lebar x Panjang x 500

Adapun untuk tinggi ruangan yang ingi di pasang AC, dapat di asumsikan tinggi rumah standar yang ada di Indonesia yaitu umumnya 2,5 – 3 meter.

Jika di hitung, maka rumus diatas akan menghasilkan angka dalam satuan Btu. Angka tersebut nanti akan menentukan berapa PK AC yang tepat untuk mendinginkan ruangan anda. Namun kebanyakan orang lebih mengenal dengan sebutan PK dalam menentukan AC maka dari itu berikut ini kami tampilkan bagan untuk membantu anda dalam mengkonversikan berapa PK AC yang di butuhkan.

  • 1/2 PK = 5000 Btu/h (luas ruangan 10m2)
  • 3/4 PK = 7000 Btu/h (luas ruangan 14m2)
  • 1 PK = 9000 Btu/h (luas ruangan 18m2)
  • 1 1/2 PK = 12000 Btu/h (luas ruangan 24m2)
  • 2 PK = 18000 Btu/h (luas ruangan 36m2)

Hitungan diatas merupakan standarisasi untuk kapasitas AC dalam mendinginkan ruangan. Jika kapasitas AC (PK) yang dipakai lebih rendah dari pada luas ruangan standar maka ruangan tersebut tetap dingin namun AC anda akan bekerja terus hal ini lah yang membuat tagihan listrik rumah anda membengkak.

Contohnya : ruangan yang ingin anda pasang AC yaitu ukuran 4 x 4 meter, jika di cari luasnya maka luas ruangan tersebut 16 meter2. Dari rumus diatas untuk kapasitas AC yang digunakan seharusnya menggunakan AC 1 PK, namun jika anda menggunakan AC ukuran 3/4 PK atau 1/2 PK maka ruangan anda tetap dingin namun perlu waktu yang lama. Hal inilah yang membuat AC bekerja terus menerus dan membuat tagihan listrik membengkak.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Tips Membeli AC yang Tepat Berdasarkan Ukuran Ruangan. Semoga informasi ini bisa membantu anda yang ingin membeli AC.

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *