Takaran Tawas Untuk Menjernihkan Air Sumur yang Keruh – 7saudara.com

Takaran Tawas Untuk menjernihkan Air Sumur yang Keruh – Air sumur merupakan sumber air yang sangat di perlukan oleh rumah tangga baik itu untuk mencuci, mandi, memasak dll. Apajadinya jika air sumur yang menjadi sumber air menjadi keruh seperti air comberan?

Hal inilah yang terjadi pada air sumur di rumah kami. Sejak sumur di buat sekitar 6 bulan yang lalu, air sumur kami belum pernah jernih sejernih air minum kemasan, selalu ada endapan tanah saat air sumur dimasukkan kedalam bak mandi.

Puncaknya lagi saat musim kemarau datang, air sumur semakin sedikit ditambah keruhnya makin menjadi-jadi. Jika di liat air yang ada di bak mandi sudah seperti minuman coklat sudah tidak kelihatan lantai dari bak mandi tersebut sangking keruhnya air.

Pernah berfikir apa buat sumur lagi ya, buat sumur bor yang dalam sekalian tapi kalau sumur ini tidak di pakai ya sayang juga.

Apa sumurnya di dalamin lagi aja ya, selama seminggu saya berfikir seperti itu untuk mempertimbangkan mana yang lebih efisien antara membuat sumur baru atau mendalami sumur yang ada.

Ketika saya baca-baca di google tentang bagaimana menjernihkan air sumur yang keruh, akhirnya saya menemukan bahwa tawas bisa menjernihkan air sumur. Selain tawas, ada juga katanya menggunakan arang dari batok kelapa.

Akhirnya saya coba dulu menggunakan tawas. Tidak lama-lama saya langsung mencari tawas di pasar dan dapat 1 kg. Kalau disini tawas lebih mahal di bandingkan di kampung saya di Lampung. Kemaren saya beli tawas disini 1 kg Rp 12.000. Padahal di kampung saya hanya Rp 5000/kg. Namanya lagi butuh ya di beli sajalah hehee.

Setelah pulang kerumah tidak nunggu lama langsung saya eksekusi tu tawas. Kalau di Google saya baca-baca katanya untuk 1000 L air sumur cukup menggunakan 2-3 sendok makan tawas. Kalau saya sekitar 1/2 Kg tawas saya masukkan kedalam sumur karena sangking jengkelnya dengan air sumur yang keruh wkwkw.

Namun sebelum saya masukkan kedalam sumur terlebih dahulu tawas tersebur saya hancurkan kemudian larutkan kedalam setengah ember air. Jika dlihat tawasnya sudah larut atau menjadi butiran kecil seperti pasir, langsung saja saya masukkan kedalam sumur secara menyebar dan di tambah lagi 3 tawas yang berbebntuk batu sebesar batu sungai saca cemplungkan kedalam sumur. Setelah itu air sumur di diamkan sekitar satu malam.

Dan akhirnya keesokan harinya alhamdulillah air sumur yang keruh sudah berkurang keruhnya, sudah mulai jernih sedikit-sedikit. Sekitar 3 hari dari setelah memasukkan tawas kedalam sumur air sumur sudah jernih seperti air minum kemasan.

Namun meskipun air sudah jernih, saya tidak langsung membuat air sumur untuk memasak. Air tersebut saya gunakan untuk mandi dan mencuci saja. Setelah kira-kira 2 minggu dari memasukkan tawas kedalam sumur barulah air tersebut saya gunakan untuk memasak.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa saya bagikan mengenai Takaran tawas untuk menjernihkan air sumur yang keruh, informasi ini saya curahkan kedalam tulisan agar teman-teman yang memiliki air sumur yang keruh bisa mengikuti langkah saya (walaupun tidak harus diikuti). Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

One thought on “Takaran Tawas Untuk Menjernihkan Air Sumur yang Keruh – 7saudara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *