Perkiraan Biaya Mendaki Gunung Lawu

Biaya Mendaki Gunung Lawu

Gunung lawu merupakan gunung berapi yang saat ini statsunya menjadi non aktif  terletak di perbatasan 2 provinsi yaitu provinsi jawa tengah dan jawa timur. Gunung ini membentang dari kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah), Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan (Jawa Timur).

Baca juga Tips menghemat batere handphone saat traveling

Gununng berapi yang statusnya istirahat ini memiliki ketinggian 3.265 mdpl dan menjadi salah satu gunung terfavorit di kalangan pendaki pemula karena tingkat kesulitan yang dimiliki gunung lawu ini tergolong sedang sehingga cocok untuk pemula.

Selain menjadi tempat liburan para pendaki, gunung lawu ini juga menjadi tempat berziara saat malam 1 suro. Jadi jika kamu ingin berziara skalian mendaki gunung lawu, mendakilah pada tanggal 1 suro.

Di gunung lawu memiliki 3 puncak yang bisa kamu daki yaitu puncak hargo dumilang, puncak hargo dalem, dan puncak hargo dumiling. Dari ketiga puncak tersebut puncak hargo dumilang lah yang tertinggi di gunung leuser lawu.

Ada dua jalur pendakian gunung lawu yang bisa kamu lewati diantaranya via cemoro sewu yang terletak di daerah sarangan, magetan  dan dan via cemoro kandang ang terletak di tawangmangu.

Umumnya para pendaki yang akan mendaki gunung lawu lebih memilih via cemro sewu dikarenakan traknya yang lebih mudah dan pendek sehingga lebih rame dibandingkan via cemoro kandang.

Tempat wisata keluarga di area gunung lawu

Gunung lawu tidak hanya menjadi tempat pendakian saja, namun ada beberapa tempat wisata yang bagus untuk mengisi waktu liburan keluarga diantaranya telaga sarangan yang terdapat di lereng gunung leuser lawu jawa tengah, tawangmangu, cemorosewu dll.

Perkiraan biaya transportasi Jakarta – Gunung Lawu

Untuk bisa sampai ke gunung lawu, jika kamu dari Jakarta ada beberapa alternatife transportasi yang bisamengantarkan kamu ke gunung lawu, berikut rinciannya :

  1. Jakarta – Solo

Jika saat ini kamu tingal di Jakarta, kamu bisa memilih jenis transportasi yang bisa membawa kamu ke solo diantaranya kereta api, bus dan pesawat terbang.

Agar biaya ke solo lebih murah, kamu bisa menggunakan transportasi kerata api yaitu sekitar Rp 140.000 – Rp 160.000. atau bus Rp 150.000 – 180.000

  1. Solo – Tawangmangu

Dari terminal palur solo selanjutnya kamu bisa melanjutkan perjalanan ke terminal tawangmangu dengan menggunakan bus. Kamu bisa memilih bus apa saja yang ada di terminal tersebut namun yang pasti menuju terminal tawangmangu. Jaraknya juga tidak begitu jauh dari terminal palur solo kira-kira tarifnya Rp 10,000 – Rp 15,000

  1. Terminal tawangmangu – best camp 1.

Setelah kamu sampai di terminal tawangmangu selanjutnya kamu bisa mencari ojek untuk di antar ke best camp 1. Tarifnya bervariasi tergantung nego kamu dengan abang ojeknya. Tarifnya kisaran Rp 15.000 – Rp 30.000

  1. Tiket masuk bestcamp

Seperti mendaki gunung pada umumnya ada tiket masuk gunung. Namun tiket masuk ini berbeda-beda setiap gunung. Nah untuk di gunung lawu ini tiket masuknya adalah Rp 15.000 per pendaki.

Baca juga :

rincian biaya mendaki gunung jaya wijaya

rincian mendaki gunung rinjani

rincian biaya gunung semeru

Itu lah perkiraan Biaya Mendaki Gunung Lawu dari Jakarta. Biaya diatas hanya biaya perjalanan pergi saja ya, untuk perjalanan pulangnya bisa anda tambahkan sendiri minimal sama seperti biaya pergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *