Inilah Daftar Rincian Biaya Ngetrip ke gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau jawa yang memiliki ketinggian 3676 meter dari permukaan laut (mdpl), dengan puncaknya mahameru. Gunung ini berlokasi di kabupaten malang dan kabupaten lumajang.

Gunung Semeru menjadi hits setelah adanya film Indonesia yang menceritakan pendakian gunung semeru bersama sahabat-sahabatnya. Setelah film itu tayang di Bioskop dan televisi akhirnya gunung semeru semakin terkenal dan menjadi favorit bagi kalangan pendaki.

Mungkin anda yang membaca artikel ini mempunyai keinginan untuk mendaki gunung semeru, sehingga anda mencari informasi tentang berapa biaya yang perlukan untuk mendaki gunung semeru. Berikut ini kami uraikan biaya yang perlu kamu siapkan jika ingin mendaki gunung Semeru. Biaya perjalanan tersebut kami rincikan dari jakarta. Jika anda berada di luar jakarta silahkan di tambahkan atau di kurangkan saja biaya biasanya yang anda gunakan saat ke Jakarta.

Perjananan Jakarta – Malang

Banyak jalan menuju Roma, begitulah kata pepatah, namun untuk kali ini saya mengganti kalimat pepatah tersebut menjadi “banyak jalan menuju Malang” hehe. Iya sebenarnya banyak jalan menuju malang tergantung kamu mau menggunakan transportasi apaan, mau transportasi murah, sedang atau mahal. Kamu dapat menggunakan transportasi darat atau udara. Transportasi darat kamu bisa menggunakan Bus atau menggunakan kereta api. Transportasi udara kamu bisa menggunakan pesawat terbang. Namun saran saya biar lebih murah sebaiknya gunakan transportasi kereta api saja.

1. Kereta Api

Jika kamu menggunakan kereta api sebagai transportasi kamu menuju Malang, kamu dapat membeli tiket  dari jakarta yaitu stasiun Gambir ke stasiun Malang kota dengan biaya kira-kira Rp 150.000 sampai Rp 200.000 tergantung pada kelas apa yang kamu ambil.

2. Bus

Jika kamu memilih bus, biaya yang bisa kamu keluarkan sekitar RP 200,000 sampai Rp 270.000 ongkos tersebut tergantung musim liburan jenis bus yang kamu pilih

3. Pesawat Terbang

Transportasi satu ini merupakan transportasi yang paling cepat jika kamu mau ke Malang. Hanya butuh 2 jam perjalanan kamu sudah bisa sampai kota Malang. Namun ongkosnya juga lumayan mahal untuk transportasi jenis ini, bisa 10x lipat dari biaya transportasi kereta api.

Namun saya sarankan jika kamu mau ke Malang sebaiknya naik kereta api, disamping biayanya murah kamu juga bisa menikmati suasana pedesaan di Jawa Tengah dan Jawa Timur melalui Kereta Api.

Perjalanan dari Stasiun Kota Malang ke Daerah Tumpang

Oh iya, jika kamu ke Malang menggunakan Kereta Api, nanti kamu akan turun di Stasiun Kota Malang. Ketika kamu sudah sampai di Stasiun Malang kamu bisa naik angkot untuk ke Tumpang. Ongkos angkot dari Stasiun Malang ke Tumpang perorang biasanya Rp 30.000 namun jika kamu rombongan kamu bisa nyater 1 angkot biasanya harganya Rp 100.000 – Rp 120.000 bahkan bisa lebih murah lagi jika kamu bisa nego sama abang angkotnya.

Setelah sampai Tumpang kamu bisa jalan kaki ke bestcamp untuk mendaftar dan mengambil formulir. Kamu juga bisa belanja Logistik dan sewa alat-alat disana jika peralatan kamu masih ada yang kurang.

Tumpangan ke Ranu Pani

Jika peralatan dan perlengkapan kamu sudah lengkap, biasanya ada abang-abang mobil jeep yang menawari untuk ke ranu pani. Ada 2 pilihan naik jeep tersebut yaitu :

  1. Kamu bisa berangkat bersama rombonganmu, misalnya kamu dan rombonganmu 5 orang berarti kamu bisa naik jeep tersebut 5 orang, tapi ongkosnya pasti mahal banget.
  2.  Kamu berangkat gabung bersama rombongan yang lain. Karena Jeep ini max 12 orang jadi kamu harus menunggu dan gabung bersama rombongan yang lain supaya ongkosnya lebih murah.

Saat itu karena kami ber-5 dan bersama rombongan yang lain totalnya 9 orang jadi ongkos dari Tumpangan ke Ranu Pani menjadi Rp 450.000. Jadi perorang dikenakan Rp 50.000. Hati-hati saat kamu berada di Tumpangan, karena banyak sekali calo-calo yang menawarkan kendaraan jeep dengan harga yang sangat tinggi. Biasanya ongkos dari Tumpangan ke Ranu Pani perorang hanya Rp 50.000.

Ketika sudah sampai di Ranu pani, kamu dapat langsung turun ke ruangan bawah untuk di periksa formulir dan surat keterangan sehat serta kamu dapat mengikuti briefing dan penjelasan tentang tata tertib dan peraturan yang di berlaku disana.

Setelah selesai briefing dan formulir sudah di cap oleh panitia, selanjutnya kamu daftar dan membauar biaya masuk serta membayar biaya menginap di TNBTS. Adapun tiket masuk untuk weekday yaitu Rp 17.500 perhari, sedangkan weekend Rp 22.500 perhari. Saat itu saya bersama rombongan membeli tiket untuk 4 hari dari hari kamis sampai hari minggu sehingga masing-masing dari kami mengeluarkan biaya Rp 80.000.

Oh iya, jika kamu mau mendaki gunung semeru, kamu di wajibkan pakai sepatu ya. Jika kamu menggunakan sandal maka panitia tidak sungkan-sungkan untuk menegur kamu dan melarang kamu untuk mendaki sehingga kamu memakai sepatu.

Baca juga daftar biaya transportasi ke gunung kerinci

Demikianlah daftar biaya-biaya yang harus kamu keluarkan jika kamu mau mendaki gunung semeru. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Salam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *