6 Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula yang Wajib di Ketahui

6 tips mendaki gunung bagi pemula

Saat ini mendaki gunung merupakan salah satu wisata terfavorit oleh sebagian muda-mudi yang umumnya terdiri pelajar maupun mahasiswa. Acaranya juga berbeda-beda ada yang sengaja hanya liburan saja ada juga yang menjadikan mendaki gunung sebagai acara organisasi.

Namun tidak sedikit dari mereka yang mendaki gunung sudah berpengalaman atau bahkan masih baru (newbie) untuk mendaki gunung.

Kebanyakan dari mereka yang newbie dalam urusan mendaki gunung mereka akan memiliki motivasi dan semangat yang lebih karena mereka akan mencoba pengalaman baru, padahal untuk mencapai puncak gunung bukan merupakan perkara yang mudah mereka akan menghadapi tantangan luar biasa baik dari segi kesehatan, fisik, trak yang berbatuan dan lumpur dan lain sebagainya.

Baca juga daftar biaya mendaki gunung prau

Oleh karena itu kebanyakan newbie yang tidak mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan tersebut setelah mendaki gunung akhirnya kelelahan dan menyesal.

Nah bagi kamu yang tergolong newbie dalam hal mendaki gunung, berikut ini kami informasinya 6 tips mendaki gunung bagi pemula.

1. Melatih fisik

Bagi kamu yang jarang olahraga, sebaiknya satu minggu sebelum mendaki kamu rutin melatih fisik kamu terutama melatih pernafasan dan otot-otot kaki. Melatih otot-otot kaki bisa kamu lakukan dengan cara berlari atau joging setiap pagi atau sore. Diusahakan latihan fisik ini rutin kamu lakukan setiap harinya.

Hal ini untuk mencegah kram pada otot kaki kamu karena pastinya akan kaget saat mendaki gunung dengan trek yang menanjak. Jika latihan ini kamu lakukan rutin setiap hari, di jamin kamu akan mudah melewati tantangan yang ada di jalur pendakian gunung.

2. Jaga Kesehatan

Kesehatan badan merupakan hal yang wajib kamu jaga jika kamu ingin mendaki gunung. bayangkan saja jika badan kamu tidak fit, buat jalan keluar rumah saja sudah malas apa lagi jalan mendaki gunung yang treknya sangat berat.

Sekecil apapun penyakit yang menyerang kamu sebaiknya sebelum berangkat kamu minum obat dahulu, supaya tidak menyesal di perjalanan karena kodisi badan yang tidak fit. Bayangkan saja jika kondisi badan kamu tidak fit kamudian kamu melanjutkan keinginan kamu untuk mendaki gunung. Ketika di tengah perjalanan kamu mengeluh tidak sanggup lagi untuk melanjutkan pendakian, padahal untuk mencapai puncak masih jauh, kamu ditinggal sendirian tidak mungkin dan akhirnya teman-teman kamu yang jadi susah. Pilihannya mereka rela meninggalkan kamu di tengah hutan atau mereka menghentikan pendakian dan pulang kerumah. Pastinya akan menimbukan penyesalan.

Jadi, jika dalam waktu dekat kamu akan mendaki gunung, sebaiknya jaga kesehatan ya gues.

3. Peralatan yang wajib di bawa

Setelah latihan fisik dan kodisi badan kamu fit, selanjutnya yaitu yang tidak kalah pentingnya yaitu peralatan outdor yang siap di pakai. Bisa fatal akibatnya jika kamu tidak membawa peralatan tersebut atau peralatan tersebut tidak bisa di gunakan.

Adapaun peralatan yang wajib kamu bawa sebagai berikut :

  • Jaket outdor
  • mantel
  • sarung tangan
  • sepatu gunung atau sendal gunung
  • kaos kaki
  • peralatan masak
  • minum
  • carier (tas besar)
  • Tenda
  • matras
  • senter
  • sleeping bag
  • tongkat

4. Makanan dan minuman yang dibawa

Selanjutnya yang wajib kamu bawa adalah makanan instan, bahan makanan dan air minum. Maknaan instan merupakan makanan yang bisa langsung kamu makan tanpa di masak dahulu seperti roti, coklat, susu dsb.

Sedangkan bahan makanan jika kamu ingin merasakan sensainya makan nasi di puncak gunung, kamu wajib membawa beras beserta lauk yang akan kamu masak. jangan lupa untuk memasak kamu harus membawa peralatan untuk memasak seperti kompor, wajan dll

5. Jangan mengeluh 

Bagi para pemula yang baru saja merasakan capeknya perjalanan mendaki gunung, pasti ada prasaan mengeluh. Nah bagi kamu yang kerjaanya suka mengeluh, sebaiknya saat mendaki gunung jangan kamu lakukan ya karna jika kamu mengeluh pasti akan mempengaruhi psikis kamu dan liburan kamu menjadi tidak menyenangkan.

Usakan bagi pemula saat mendaki gunung bawaannya semangat dan ceria agar kesan pertama kamu naik gunung menyenangkan dan akan membuat kamu pengen lagi naik gunung.

6. Jika lelah, jangan malu untuk minta istirahat

Bagi pemula mendaki gunung pasti fisiknya jauh lebih rendah dari pada yang sudah pengalaman. Nah jika kamu sudah merasakan lelah, jangan malu untuk minta istirahat kepada tim kamu pasti tim kamu akan istrihat sebentar untuk menghilangkan kelelahan kamu.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai 6 tips mendaki gunung bagi pemula, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba pengalamanbaru dari liburan..

Baca juga Tips menghemat batere handphone saat traveling

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *