Daftar Biaya Pendakian Gunung Rinjani dari Jakarta

Gunung Rinjani merupakan gunung yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di kepulauan Lombok dengan tinggi 3726 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Gunung ini tepatnya berada di 3 wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Lombok Timur, Lombok Barat dan Lombok Tengah.

Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung terfavorit yang diburu oleh para pendaki, baik pendaki asal Indonesia maupun pendaki asal luar negeri. Gunung ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, sehingga membuat banyak para pendaki gunung penasaran untuk menikmati keindahan alam dari puncak gunung rinjani.

Mungkin anda merupakan salah satu orang yang berkeinginan untuk mendaki gunung Rinjani, sehingga perlu mempersiapkan dana berapa yang akan anda gunakan untuk mewujudkan keinginan anda tersebut.

Biaya pendakian ini kami rincikan berdasarkan pengalaman dari salah satu team kami yang mendaki gunung rinjani pada tahun 2016 lalu tepatnya di bulan agustus. Adapun biaya pendakian ini dihitung dari Jakarta, jadi jika kamu tinggal diluar Jakarta kamu tinggal menambahkan biaya transportasi kamu dari tempat tinggal ke Jakarta tepatnya Stasiun Pasar Senin.

Oh iya, waktu yang dibutuhkan untuk mendaki gunung rinjani ini jika menggunakan via darat dan laut bisa mencapai 2 minggu ya, namun jika menggunakan jalur udara satu minggu sudah cukup. Lamanya waktu yang dibutuhkan karena jarak gunung Rinjani yang cukup jauh dari Jakarta.

Perjalanan ke Lombok via Darat dan Laut

Perjalanan ke Lombok via darat dan laut memang biaya sedikit murah di bandingkan perjalanan via udara. Namun waktu yang dibutuhkan cukup lama bisa 3-4 hari perjalanan. Adapun rincian biaya sebagai berikut :

  1. Stasiun Pasar Senin – Stasiun Banyuwangi Baru (Kereta Api) Rp 210.000
  2. Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Baru – Pelabuhan Gili Manuk Bali (Kapal Ferry) Rp 7.500
  3. Pelabuhan Gili Manuk Bali – Pelabuhan Padang Bai Bali (Bus) Rp 65.000
  4. Pelabuhan Padang Bai Bali – Pelabuhan Lembar Lombok (Kapal Ferry) Rp 44.000
  5. Pelabuhan Lembar Lombok – Terminal Cakra Mataram (Ankot) Rp 30.000
  6. Terminal Cakra Mataram – Sembalun (carter Elf) Rp 50.000
  7. Simaksi Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGM) Rp 5000/hari (3 hari) Rp 15.000

Total biaya perjalanan ke gunung rinjani dari Jakarta diperkirakan Rp 421.500. Ingat biaya tersebut untuk sekali perjalanan ya, belum termasuk biaya perjalanan pulangnya. Biaya perjalanan pulang tidak di masukkan karena biasanya pendaki memilih transportasi udara (pesawat terbang) supaya lebih cepat sampai ke Jakarta.

Baca juga :

Daftar rincian biaya perjalanan ke Gunung Kerinci

Daftar rincian biaya perjalanan ke Gunung Semeru

Demikianlah rincian biaya perjalanan dari jakarta ke Gunung Rinjani, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Salam…

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *