Panduan Beternak Kelinci Anggora Yang Baik dan Sederhana untuk Pemula Versi 7saudara.com

Panduan Beternak Kelinci Anggora

Memelihara hewan kesayangan yang lucu merupakan salah satu pekerjaan yang mengasikkan salah satunya memelihara kelinci anggora. Kelinci anggora merupakan salah satu ras kelinci hias. Bentuknya yang unik di tambah bulu-bulunya yang panjang membuat kelinci ini banyak di sukai pecinta kelinci. Walaupun harga tergolong mahal, tapi kelinci ini masih banyak pembelinya.

Memelihara kelinci anggora dapat menjadi peluang bisnis loh, dengan cara kita kembang biakkan kelinci tersebut. Banyak para pemelihara kelinci ini menjadikan peluang bisnis, karena pasar penjualan kelinci ini masih di bilang sedikit sedangkan pembeli kelinci anggora lebih banyak.

Berikut ini, kami akan membagikan sedikit pengalaman mengenai panduan beternak kelinci anggora yang baik dan sederhana :

1. Kandang kelinci

Sebelum kita memutuskan untuk beternak kelinci anggora, yang utama ialah kita harus membuat kandang terlebih dahulu. Kandangnya bebas mau beli atau mau bikin sendiri. Kalau tidak mau repot ya beli kandang jadi saja lebih simpel.

Untuk ukuran kandang bebas, tidak ada ukuran khusus yang penting cukup untuk mengisi kelinci yang akan kita kembang kan. Kalau saran dari saya sih, pilih ukuran kandang yang agak luas supaya kelinci dapat bermain didalam kandang.

2. Memilih indukan yang baik

Supaya melahirkan anak kelinci anggora yang baik, maka kita harus memilih induk yang baik pula. Sebelum membeli indukan, kita harus tahu kondisi fisik dan kesehatan kelinci tersebut dan yang paling penting kita memilih kelinci yang muda dan produktif.

Untuk usia kelinci betina yang sudah siap kawin kira-kira umur 5 – 6 bulan, sedangkan usia kelinci jantan yang sudah siap kawin usianya lebih dari 6 bulan.

3. Kebersihan kandang

Kita juga harus memperhatikan kebersihan kandang. Jika kandang sudah kotor dan baunya sudah menyengat, segera lakukan pembersihan. Hal ini tujuannya supaya kelinci terhindar dari serangan penyakit.

4. Pakan Kelinci

Pakan diberikan 2x dalam sehari yaitu di waktu pagi dan sore hari. Ada 2 jenis pakan untuk kelinci yaitu pelet khusus kelinci dan pakan hijauan (rumput dan sayur). Jika di pagi hari beri pakan pelet khusus, sedangkan sore hari beri pakan hijauan. Dan jangan lupa selalu menyediakan air yang bersih untuk minum kelinci.

Baca juga Panduan Cara Merawat Anak Kucing Persia Baru Lahir

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai panduan beternak kelinci anggora yang baik untuk pemula. Khususnya bagi pemula bisa di praktekkan informasi di atas. Semoga kelinci anggora anda dapat berkembang banyak dan menghasilkan pendapatan untuk anda. Salam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *