Inilah Ciri-ciri Kelinci yang Mau Melahirkan | 7saudara.com

Kelinci merupakan hewan yang lucu yang banyak di ternak oleh masyarakat. Selain karena sebagai hewan yang menggemaskan ternyata kelinci juga bisa menjadi sumber ekonomi yang menjanjikan. Terbukti telah banyak cerita-cerita sukses peternak kelinci yang ada di Indonesia.

Kelinci termasuk salah satu hewan yang produktif, jika kelinci dalam keadaan sehat, kelinci betina bisa hamil sebanyak 5 kali dalam satu tahun dan sekali masa kehamilan, kelinci bisa melahirkan 5 – 10 ekor anak kelinci.

Hal ini lah yang menjadi penyemangat para peternak kelinci untuk mengembangbiakan kelinci peliharaannya.

Namun terkadang minimnya pengetahuan dan cara merawat kelinci menjadi kendala tersendiri terutama saat kelinci betina sedang hamil. Banyak yang terjadi kelinci mati saat hamil atau kalinci mati ketika melahirkan hal ini di karenakan kurangnya asupan gizi pada kelinci yang sedang hamil.

Bagi anda yang baru pertama kali memelihara kelinci, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kelinci yang mau melahirkan. Sehingga anda bisa menyiapkan kebutuhan kelinci yang mau melahirkan seperti menambah porsi makan kelinci, memberikan pakan yang memiliki gizi yang cukup, menyiapkan kandang khusus untuk anak kelinci dll.

Baca juga Ciri-Ciri Kelinci Hamil

Nah berikut ini merupakan rangkuman mengenai ciri-ciri kelinci yang mau melahirkan.

1. Kelinci Tampak Menggali Tanah di Dalam Kandang

Jika anda mengetahui bahwa kelinci betina anda suka menggali tanah, anda jangan khawatir karena hal ini normal terjadi pada kelinci yang sedang hamil. Kelinci betina akan terus menerus menggali tanah hingga tiba saatnya dia akan melahirkan.

Sebaiknya anda selalu mengawasi jangan sampai kelinci menggali tanah pada tempat yang berbahaya seperti tempat aliran air atau malah tembus keluar kandangnya.

2. Porsi makan kelinci betina bertambah banyak

Saat kelinci betina hamil, dia akan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk perkembangan janinnya. Apalagi ketika masa kehamilannya sudah meninjak 3 – 4 minggu. Sebaiknya anda memberikan porsi makan yang lebih pada kelinci betina agar janin dalam kandungannya tetap sehat dan bisa lahir dengan selamat.

Di samping itu, berikan juga kombinasi makanan pada kelinci betina seperti jika sehari-hari anda hanya memberikan makanan sayuran pada kelinci, maka keika kelinci sedang hamil sebaiknya pakan pelet juga di berikan. Karena di pakan pelet kebutuhan nutrisi  sudah lengkap untuk kelinci yang sedang hamil.

3. Kelinci Menjadi Agresif

Kelinci yang akan melahirkan akan tampak menjadi lebih agresif terhadap kelinci-kelinci lainnya. Jika ada kelinci yang mendekati, maka dia akan tampak galak untuk mengusir keberadaan kelinci lain tersebut. Hal ini merupakan normal yang terjadi pada induk kelinci yang hamil karena dia memiliki naluri seorang ibu yang akan melindungi anak-anaknya nanti. Sehingga anda tidak perlu khawatir karena kelinci anda akan menjadi ramah kembali setelah melahirkan.

Nah itulah 3 ciri-ciri kelinci yang mau melahirkan yang sering terjadi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *