Panduan Beternak Jangkrik Yang Sederhana Untuk Pemula Versi 7saudara.com

Panduan Beternak Jangkrik Yang Sederhana

Jangkrik merupakan salah satu hewan serangga yang banyak kita jumpai di pedesaan. Suaranya dapat kita dengarkan di malam hari ketika keadaan lagi sunyi. Siapa yang menyangka ternyata jangkrik dapat di ternak dan memiliki ekonomis yang tinggi.

Jangkrik biasanya dijadikan sebagai pakan burung oleh pecinta burung. Karena memang jangkrik biasa menjadi makanan oleh burung gagak, beo dan sejenisnya saat berada di hutan.

Ada juga yang membuat jangkrik untuk bahan makanan misalnya keripik jangkrik bahkan di kota-kota besar menjadikan jangkrik sebagai menu utama di restoran. Menurut hasil beberapa peneliti menunjukkan bahwa jangkrik memiliki kandungan protein yang tinggi.

Di pasar burung sekarang sudah banyak kita temukan jangkrik hasil budidaya. Dalam beternak jangkrik, tidak lah susah. Kita tidak perlu membuat tempat yang besar, cukup dengan box kardus sudah bisa di ternakkan.

Jika kita mau beternak jangkrik, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan diantaranya :

  1. Pilih lokasi sangkar yang bebas dari mangsa
  2. Jangkrik merupakan serangga suka hidup di tempat yang gelap, sehingga jauhkan sangkar dari sinar matahari
  3. Pastikan sirkulasi udara sangkar berputar dengan baik
  4. Berikan pakan teratur setiap hari

Setelah kita mengetahui kebiasaan hidup jangkrik, selanjutnya kita membuat sangkar dan membuat pakan untuk jangkrik.

# Sangkar

  1. Buat sangkar berbentuk kotak dengan dimensi panjang = 100 cm, lebar = 70 cm, tinggi = 100 cm
  2. Usahakan sangkar memiliki kaki minimal tinggi 20 cm, kemudian disetiap kaki di beri kapur ajaib supaya sangkar tidak di ganggu semut, kecoa dll.
  3. Lapisi bagian sangkar yang bercelah dengan menggunakan lakban, karena anak jangkrik ukurannya sangat kecil sehingga anak jangkrik tidak jatuh dari celah tersebut..
  4. Lapisi bagian atas sarang dengan lakban, tujuannya supaya jangkrik tidak dapat melompak keluar.

# Pakan

  1. Makanan utama
    Makanan utama jangkrik sebaiknya kita beri voor ayam yang di haluskan, semakin halus semakin bagus untuk jangkrik karena lebih muda dicerna. Voor merupakan makanan utama yang mempercepat pertumbuhan jangkrik.
  2. Makanan pendamping
    Makanan pendamping yang di maksud disini adalah sayuran atau daun-daunan yang mengandung air sebagai pengganti minum. Kenapa harus di beri makanan pendamping (sayuran/daun-daunan)? karena di habitat aslinya jangkrik memakan tumbuhan seperti daun yang masih segar. Maka dalam beternak jangkrik makanan pendamping berupa daun-daunan juga harus menjadi menu utama.

Adapun makanan pendamping untuk jangkrik dapat berupa :

  • Buah pepaya muda yang di iris tipis
  • Daun pepaya segar
  • Daun pisang
  • Sawi putih
  • Daun singkong dll

Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan mengenai panduan beternak jangkrik yang sederhana bagi pemula. Semoga bermanfaat dan usahanya bisa sukses. Salam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *