Inilah Tips Cara Memilih Babon Ayam Bangkok Yang Berkualitas Super Versi 7saudara.com

Tips Cara Memilih Babon Ayam Bangkok Yang Berkualitas Super – Memiliki indukan ayam bangkok yang berkualitas merupakan hal yang sangat wajib bagi peternak. Karena dari indukan tersebut akan menghasilkan ayam-ayam yang berkualitas yang nantinya akan mendongkrak hasil peternakannya.

Perlu diketahui bahwa memilih babon ayam bangkok yang berkualitas baik itu gampang-gampang sulit, jika kamu tidak mengetahui cara dan triknya, bisa-bisa kamu akan kesulitan dalam memilih babon yang berkualitas.

Baca juga Cara memilih Ayam Bangkok Dengan Ciri-Ciri Memiliki Tendangan Mematikan

Secara umum babon yang berkualitas super itu ada 2 jenis, yaitu babon unggulan dan babon cetak. Berikut ini penjelasan tentang babon unggulan dan babon cetak :

1. Babon Unggulan

Babon unggulan merupakan babon bangkok yang terlahir dari hasil perkawinan ayam bangkok jantan dan ayam bangkok betina atau bisa dikatakan kedua orang tuanya ayam bangkok tulen. Babon ini memiliki kelebihan yaitu akan menghasilkan anak ayam bangkok yang menyerupai induknya bahkan jika babon ini di kawinkan dengan ayam bangkok jantan yang kualitas rendah, maka anak-anaknya akan dominan menyerupai induknya.

Adapun ciri-ciri babon bangkok unggulan ini adalah ayam ini memiliki postur tulang yang bagus tulangnya panjang-panjang dan besar. postur badannya yang ideal yaitu menyerupai botol selain itu tidak kalah pentingnya silsilah ayam ini berasal dari hasil perkawinan ayam bangkok yang berkualitas baik juga.

Kelebihan ayam ini adalah akan menghasilkan anak ayam bangkok jantan yang memiliki teknik bertarung yang bagus, sehingga tidak heran bagi peternak sangat mahal jika menjual babon jenis satu ini.

2. Babon Cetak

Babon cetak adalah babon yang memiliki kualitas percetakan yang bagus. Atau bisa dikatakan babon netral. Maksudnya jika babon bangkok ini di kawinkan dengan ayam jago kampung, maka anak-anak yang di hasilkan dominan menyerupai ayam kampung bahkan jika babon ini di kawinkan dengan ayam bangkok jantan dengan kualitas jelek, maka akan menghasilkan anak ayam bangkok yang berkualitas jelek juga.

Babon cetak dikatakan kualitas buruk jika dikawinkan dengan ayam jantan kualitas jelek menghasilkan anak ayam yang berkualitas baik. Karena tidak sesuai dengan kriteria dari babon cetak tersebut.

Adapun ciri-ciri dari ayam babon berkualitas super, simak penjelasan di bawah ini :

1. Bentuk kepala

Ayam babon berkualitas super dapat dilihat dari bentuk kepalanya, jika kepala babon tersebut dilihat dari samping nampak seperi kepala ular. Babon yang memiliki bentuk kepala seperti ini akan menghasilkan keturunan yang banyak, jika bertelur bisa lebih dari 20 butir dalam sekali periode bertelur dan babon ini memiliki sifat keibuan maksudnya dalam perawatan terhadap anak-anaknya sangat baik.

Keunggulan dari babon yang memiliki bentuk kepala seperti ini akan menghasilkan ayam jantan yang memiliki pergerakkan kepala yang luwes apa lagi jika babon jenis ini di kawinkan dengan jago berbentuk kepala seperti kepala pinang maka akan menghasilkan keturunan yang jago bertarung.

Perlu diketahui bahwa ayam jago yang memiliki pergerakan kepala yang luwes akan sulit nerima tendangan dari lawannya dikarenakan kepala ayam ini bisa dengan cepat menghindar.

2. Posisi mata

Ciri-ciri ayam babon berkualitas super selanjutnya adalah babon yang memiliki posisi mata menjorok kedalam atau cekung. Babon jenis ini keunggulannya adalah memiliki sifat yang bagus dalam proses pengeraman selain itu babon jenis ini sangat baik dalam memelihara anak-anaknya sampai besar.

Jadi jika kamu mau beternak ayam baik itu ayam kampung atau ayam bangkok, pilihlah babon yang memiliki posisi mata menjorok kedalam supaya menghasilkan anak yang banyak.

3. Postur badan

Ciri-ciri babon yang berkualitas super selanjutnya adalah babon yang mempunyai postur badan seperti botol. Kamu bisa merasakan bentuk badan seperti botol ketika kamu memegang badannya sambil di angkat. Keunggulan babon yang memiliki postur badan seperti ini akan menghasilkan telur lebih banyak dari babon-babon lainnya.

4. Bentuk Kaki

Bentuk kaki ayam merupakan salah satu ciri-ciri yang menjadi pertimbangan bagi seorang pembeli ayam. Sama halnya dengan membeli ayam bangkok petarung. Ayam yang memiliki bentuk kaki yang bersisik kering dan jari-jari yang panjang akan memiliki tendangan yang mematikan saat bertarung. Sehingga jika kamu mau membeli babon yang kualitas super sebaiknya memilih babon yang memiliki kaki yang bersisik kering dan jari-jari yang panjang, karena anak yang di hasilkan dominan akan mengikuti induknya.

5. Bulu

Selanjutnya ciri-ciri ayam babon yang kamu pilih hendaknya memiliki bulu yang tersusun rapih dan mengkilap. Kesehatan ayam dapat dilihat dari kualitas bulu-bulunya.

6. Silsilah keturunan

Yang terakhir dalam memilih babon yang super yaitu dilihat dari silsilahnya. Untuk menghasilkan ayam-ayam yang kualitas baik kamu harus tahu silsilahnya, sebaiknya jika mau memiliki anak ayam bangkok yang kualitas super sebaiknya memilih babon yang kedua orang tuanya tulen ayam bangkok.

Note :

Jika kamu mau mendapatkan babon yang berkualitas super, sebaiknya kamu memlihara babon tersebut dari kecil yang mengetahui silsilah orang tuanya. Jika babon tersebut kamu rawat dari kecil dengan baik maka ketika menjadi induk dia akan menjadi babon yang berkualitas baik juga.

Baca juga cara merawat anak ayam bangkok baru menetas

Demikian pembahasan mengenai Tips Cara Memilih Babon Ayam Bangkok Yang Berkualitas Super. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu yang mau memelihara ayam bangkok. Salam…

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *