Inilah Cara Perawatan Yang Benar Anak Ayam Bangkok Baru Menetas – 7saudara.com

Cara Perawatan Anak Ayam Bangkok Baru Menetas – Ketika telur-telur ayam bangkok berhasil di tetaskan, langkah selanjutnya yaitu bagaimana merawat anak ayam tersebut hingga tumbuh menjadi besar dan menjadi ayam bangkok yang berkualitas. Mungkin kamu salah satunya orang yang mencari cara bagaimana merawat anak ayam bangkok dari setelah menetas hingga anak ayam tersebut tumbuh besar.

Kamu tidak salah membuka artikel ini jika kamu sedang mencari cara bagaimana merawat anak ayam yang baru saja menetas, karena disini saya menjelaskan bagaimana memelihara anak ayam yang baru saja menetas. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan saat memelihara ayam bangkok.

Dalam memelihara anak ayam bangkok biasanya pecinta ayam bangkok dalam memelihara anak ayam bangkok ada 2 cara yaitu memelihara bersama induknya dan memelihara anak ayam tanpa induknya

Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu lakukan mengenai Cara Perawatan Anak Ayam Bangkok Baru Menetas :

Memelihara anak ayam bangkok bersama induknya

Cara memelihara seperti ini biasanya di lakukan jika pemilik ayam sedang repot bekerja atau males mengurusin ayamnya. Memang benar jika memelihara anak ayam bangkok bersama induknya pemilik ayam tidak perlu terlalu fokus mengurusi anak ayamnya, karena ada induknya yang mengurusinnya. Disamping itu anak ayam juga akan terjaga dari predator yang mau memangsa anak ayam tersebut. Namun cara ini ada kekurangannya yaitu produktivitas induk ayam menurun, karena induk akan bertelur kembali ketika anak ayam sudah besar.

Jika kamu memlihi cara seperti ini, ada 2 hal yang perlu kamu perhatikan. Simak penjelasannya sebagai berikut :

1. Kandang ayam

Ada kelebihan jika kamu memelihara anak ayam bersama induknya yaitu kamu tidak perlu membuat kandang yang baru untuk anak ayam tersebut. Cukup menggunakan kandang yang ada dan sedikit di modifikasi bila belum sesuai spesifikasinya.

Kenapa kandang yang ada harus di modifikasi, karena memelihara anak ayam bersama induknya memiliki kandang dengan type khusus yaitu kandang pada bagian alasnya harus rapat dan tidak mendapatkan aliran udara langsung dari luar kandang. Hal ini supaya tetap menjaga kondisi anak ayam yang masih lemah dan rentan terhadap penyakit. Kamu bisa menggunakan triplek atau papan sebagai lapisan alas kandang ayam.

2. Makanan anak ayam yang hidup bersama induknya

Setelah kandang kamu siapkan dengan spesifikasi diatas, selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah makanan untuk anak ayam. Informasi yang saya dapatkan dari pakar hewan (ayam), anak ayam pada usia 0 – 2 hari lebih membutuhkan air minum yang bersih dari pada makanan, karena anak ayam pada usia tersebut, dia masih mempunyai cadangan makanan (kuning telur) yang tersisa di tubuhnya.

Namun alangkah lebih baiknya jika kamu sediakan makanan dan minuman yang bersih. Untuk makanannya kamu bisa sediakan purr ayam yang di lunakkan (di buat bubur) atau purr yang masih kering. Pada usia pertumbuhan anak ayam, sebaiknya anak ayam di beri stok makanan di kandangnya dan jangan sampai kehabisan.

Memelihara anak ayam bangkok tanpa induknya

Cara ini biasanya di lakukan oleh peternak yang mengejar kuantitas ayam bangkok. Karena dengan cara ini, tingkat produktivitas induk ayam menjadi tinggi. Induk ayam tidak perlu lama-lama untuk bertelur kembali. Namun cara seperti ini sangat rentan bagi anak ayam, karena anak ayam akan lebih mudah di serang predator sehingga untuk mengatasi hal tersebut kamu harus meningkatkan pengawasan terhadap anak ayam.

Jika kamu memilih cara ini untuk memelihara anak ayam, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, simak penjelasannya sebagai berikut :

1. Kandang ayam

Hal yang sangat mendasar ketika kamu memutuskan untuk memelihara anak ayam bangkok tanpa induk adalah bentuk kandang ayamnya. Anak ayam yang baru menetas kemudian di pisahkan dengan induknya akan memiliki resiko di mangsa predator, sehingga untuk meminimalisir hal tersebut sebaiknya pastikan kandang tersebut aman dari predator.

Kemudian selain aman dari predator, kandang ayam untuk anak ayam hendaknya di buat rapat sehingga udara dari luar tidak bebas masuk ke dalam kandang. Hal ini dikarenakan anak ayam yang baru saja menetas kondisi fisiknya masih sangat lemah. Kamu bisa menambakan lampu didalam kandang sebagai penerang dan penghangat tubuh anak ayam tersebut.

2. Makanan anak ayam tanpa induk

Untuk masalah makanan anak ayam tanpa induk, tidak jauh berbeda dengan makanan yang di berikan kepada anak ayam yang di pelihara bersama induknya.

Kandungan yang terdapat pada makanan anak ayam yang baru saja menetas

Hampir 80% kesehatan anak ayam tergantung dari jenis makanan yang di berikan, sehingga alangkah baiknya jika kamu mau memelihara anak ayam faktor makanan yang perlu kamu perhatikan.

Adapun makanan yang baik untuk anak ayam yang baru saja menetas sebagai berikut.

1. Protein,

Protein sangat berguna bagi anak ayam sebagai zat pembangun pada tubuhnya, selain itu protein juga berguna untuk meningkatkan kekuatan otot dan menambah daging pada anak ayam.

2. Lemak

Anak ayam yang baru saja menetas sangat membutuhkan lemak, karena lemak dapat berfungsi sebagai penghangat tubuh dari anak ayam tersebut

3. Karbohidrat

Sama halnya dengan manusia, Anak ayam yang baru saja menetas sangat membutuhkan karbohidrat sebagai pembangun tenaga pada ayam

4. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral sangat di butuhkan oleh anak ayam sebagai peningkatan daya tahan tubuh, sehingga ayam yang baru saja menetas sangat di anjurkan untuk di beri vitamin supaya kekebalan tubuh terhadap penyakit menjadi kuat.

Baca juga :

 cara mengetahui kelamin anak ayam bangkok usia 0 – 20 hari

 cara mengetahui kelamin anak ayam dari bentuk telur ayam 

Demikian penjelasan tentang bagaimana Cara Perawatan Anak Ayam Bangkok Baru Menetas. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memelihara anak ayam bangkok ataupun anak ayam jenis lainnya. Salam..

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *