8 Jenis Peluang Usaha Ternak Hewan Yang Mudah dan Menjanjikan – 7saudara.com

Peluang Usaha Ternak Hewan Yang Mudah dan Menjanjikan – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki iklim tropis yang sangat cocok untuk beternak. Segala jenis hewan dapat hidup di Indonesia bahkan ada hewan yang dapat hidup hanya di Indonesia. Indonesia memiliki penduduk sangat banyak sehingga membutuhkan ladang usaha yang dapat mendongkrak perekonomian warganya.

Negara Indonesia saat ini membutuhkan lebih dari 10.000 pengusaha baru untuk menaikkan perekonomian rakyat Indonesia. Salah satu usaha yang di butuhkan di Indonesia adalah ternak hewan. Sampai saat ini jumlah peternak di Indonesia masih relatif sedikit sedangkan keperluan daging ternak sangatlah tinggi. Oleh sebab makin tingginya permintaan daging ternak, Indonesia melakukan impor daging ternak dari luar negeri. Padahal tanah yang dimiliki Indonesia sangat luas dan mendukung untuk beternak.

Berikut ini ada 8 jenis ternak hewan yang kami rangkum yang cocok kamu lakukan, selain itu pasarnya juga sangat menjanjikan. ke-8 jenis ternak ini merupakan hasil survey team kami di kota JABODETABEK dimana masyarakatnya sangat membutuhkan hasil ternak tersebut.

8 Jenis Peluang Usaha Ternak Hewan Yang Mudah dan Menjanjikan

1. Ternak Sapi

Tidak hanya di kota besar yang membutuhkan daging sapi, di desa-desa seluruh indonesia sangat membutuhkan daging sapi saat ini. Daging sapi masih menjadi primadona di negara Indonesia pasalnya daging sapi dapat diolah beberpa makanan yang lezat seperti rendang, bakso dsb. Namun sayangnya masyarakat Indonesia masih sedikit yang beternak sapi. Padahal harga daging sapi lumayan mahal bisa mencapai Rp 100,000/kg

2. Ternak Kambing

Sama halnya dengan daging sapi, daging kambing juga sangat di gemari di Indonesia. Olahan makanan daging kambing bisa menggantikan olahan daging sapi. Selain untuk olahan makanan, kambing juga dapat digunakan untuk ritual keagamaan seperti kurban, aqiqoh dsb.

Beternak kambing tidak begitu sulit apalagi di perkampungan, cukup sediakan kandang dan memberi makan rumput setiap hari. Harga satu ekor kambing saat ini cukup tinggi berkisar 4 – 5 juta untuk ukuran yang sedang.

3. Ternak Ayam Potong

Banyak pengusaha-pengusaha muda saat ini mulai menggeluti usaha ternak ayam potong. Disamping pasarnya yang menjanjikan ternak ayam potong ini perputaran ekonominya cepat yaitu hanya 1 bulan ayam potong sudah bisa di panen.

Untuk penjualan ayam potong ini, kamu tidak perlu takut tidak laku karena saat ini setiap kampung memerlukan ayam potong.

4. Ternak Ikan lele

Ternak hewan selanjutnya yang menjanjikan adalah beternak ikan lele. Ternak ikan lele dapat di golongkan ternak paling simple, kamu cukup menyediakan kolam baik itu kolam permanen atau kolam terpal, ikan lele sudah bisa hidup. Ternak lele saat ini mulai dilirik masyarakat perkampungan, disamping proses peternakannya simple peminatnya juga tinggi.

5. Ternak Bebek

Daging bebek belakangan ini mulai banyak peminatnya. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang peminat daging bebek cukup banyak namun penjualnya yang sedikit. Salah satu team kami pernah berbincang-bincang dengan penjual bebek goreng, beliau mengeluh penjualan bebek di pasar sangat sedikit, jika mau dapat bebek yang banyak beliau harus datang kepasar setelah subuh.

6. Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung masih menjadi idola bagi masyarakat Indonesia di bandingkan ayam-ayam jenis lainnya. Selain dagingnya sehat, harga jual ayam kampung juga cukup tinggi bisa mencapai Rp 100,000/ekor. Beternak ayam kampung lumayan mudah apalagi jika tinggal di perkampungan. Harpir setiap rumah di kampung memiliki ternak ayam kampung sendiri baik untuk di jual atau untuk di makan sendiri.

7. Ternak burung

Beternak burung saat ini mulai digeluti pemuda-pemuda di Indonesia. Pasalnya beternak burung cukup mudah dan dapat dijadikan hobi serta menghasilkan uang. Kamu cukup menyediakan sangkar kemudian memberi makan dan minum setiap harinya.

Adapun jenis burung saat ini yang lagi ramai pembelinya yaitu burung jenis lovebird, murai batu, burung merpati dll. Harga jual burung tersebut relatif stabil namun untuk jenis burung lovebird bisa mencapai puluhan juta.

8. Ternak ayam petelur

Sama halnya dengan beternak hewan lainnya, beternak ayam petelur ini bisa digolongkan mudah. Kamu cukup menyediakan kandang yang jauh dari pemukiman kemudian memberi makan setiap harinya. Kamu tidak perlu repot mengeluarkan atau memasukkan ayam kedalam kandang, karena ayam ini tergolong ayam yang pendiam yang dimanfaatkan adalah mengambil telurnya saja.

Untuk pasar telur ayam lumayan tinggi, hampir setiap rumah baik dikampung maupun di kota membutuhkan telur ayam sebagai lauk pauk atau diolah menjadi makanan yang bernilai tinggi.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Peluang Usaha ternak Hewan Yang Mudah dan Menjanjikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang mau memulai usaha beternak. Salam..

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *