Inilah Cara Merontokkan Bulu Ayam Bangkok Serta Cara Menumbuhkannya Kembali Versi 7saudara.com

Cara Merontokkan dan Menumbuhkan kembali Bulu Ayam Bangkok – Artikel ini akan membahas bagaimana cara merontokkan bulu ayam bangkok yang sudah tua yang warnanya sudah tidak cantik lagi dan bagaimana cara menumbuhkan kembali bulu-bulu ayam tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan bulu-bulu ayam bangkok tidak mengkilap lagi di antaranya bulu tersebut sudah tua .

Baca juga Tips Cara Memilih Babon Ayam Bangkok Yang Berkualitas Super

Bulu-bulu ayam bangkok yang sudah mati, menurut penggiat ayam bangkok petarung, itu sangat mengganggu performa bertarungnya ayam bangkok. Seperti saat bertarung banyak bulu ayam yang rontok berterbangan. Sehingga alangkah baiknya jika bulu-bulu ayam bangkok petarung tersebut sudah banyak yang mati sebaiknya bulu-bulu tersebut di rontokkan kemudian di tumbuhkan kembali.

Berikut ini pembahasan mengenai Cara Merontokkan dan Menumbuhkan kembali Bulu Ayam Bangkok :

1. Siapkan kandang ayam khusus untuk proses perontokan bulu ayam bangkok

Hal pertama yang kamu lakukan adalah menyiapakan kandang khusus untuk ayam yang akan di rontokkan bulunya. Ukuran kandang jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Diusahakan kandang ayam tersebut di tempatkan di tempat yang berteduh.

2. Siapkan ramuan untuk perontok bulu dan penumbuh bulu ayam bangkok

A. Ramuan perontok bulu ayam bangkok sangat simpel dan mujarab yaitu dengan cara siapkan trasi (bahan untuk membuat sambal) dan ragi yaitu bahan makanan untuk permentasi.

B. Ramuan penumbuh bulu ayam bangkok, biasanya yang sering di gunakan oleh pemelihara ayam bangkok adalah ramuan yang di gunakan untuk menumbuhkan bulu-bulu burung. Ramuan ini dapat anda beli di toko perlengkapan burung atau toko yang menjual pakan burung.

3. Proses perontokkan bulu ayam bangkok

Proses perontokkan bulu ayam bangkok sangat simpel yaitu dengan cara mandikan ayam menggunakan air bersih kemudian campurkan ragi tersebut kedalam air sebagai sabun dari ayam tersebut. Tujuannya supaya bulu-bulu yang sudah tua lebih cepat rontok karena pengaruh dari ragi tersebut.

Setelah ayam selesai dimandikan, selanjutnya ayam di beri makan yang di campur terasi. Adapun tujuan di beri terasi ini supaya tubuh ayam tetap hangat dan mempercepat proses perontokan bulu-bulu ayam bangkok. Setelah itu ayam di masukkan kekandang yang telah di sediakan. Agar proses perontokan bisa cepat dan maksimal selimuti kandang ayam tersebut menggunakan kain agar saat malam hari tubuh ayam tetap hangat. Lakukan proses ini selama 7 hari dan ayam jangan di bawa keluar kandang kecuali untuk memberi makan.

4. Proses penumbuhan bulu ayam bangkok kembali

Setelah ayam di kurung selama 7 hari didalam kandang yang bebas dari sinar matahari, selanjutnya yaitu proses penumbuhan bulu ayam kembali. Caranya yaitu ayam di beri ramuan untuk penumbuh bulu. Waktu yang dibutuhkan untuk menumbuh bulu ini kurang lebih 1 bulan. Agar bisa lebih cepat proses penumbuhna bulu, kamu bisa memberikan makanan tambahan seperti nutrisi yang bisa kamu beli di toko penjualan pakan ayam.

Baca juga Ramuan Paling Manjur Untuk Ayam Petarung Sebelum Bertanding Supaya Tidak Cepat Lelah

Demikian pembahasan mengenai cara merontokkan dan menumbuhkan kembali bulu ayam bangkok. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Salam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *