Penyebab Pedal Kopling Mobil Berbunyi dan Cara Mengatasinya – 7saudara.com

Penyebab Pedal Kopling Mobil Berbunyi 

Sangat tidak nyaman rasanya ketika sedang mengendarai mobil terdapat suara Kriet-kriet-kriet saat mau oper gigi. Apalagi saat ada teman atau saudara yang menumpang rasa-rasanya tidak mau oper gigi karena malu dengan suara seret pada pedal kopling.

Ada beberapa penyebab yang membuat pedal kopling mobil berbunyi saat di injak, diantaranya karena bagian yang bersentuhan kering atau tidak ada pelumasnya. Sehingga ketika ada bagian yang bergerak maka bagian yang bersentuhan tersebut menimbulkan suara.

Nah jika mobil anda mengalami hal seperti itu, jangan kawatir karena pada artikel kali ini kami akan mengulas penyebab pedal mobil berbunyi dan cara mengatasinya.

Perlu diketahui bahwa setiap mobil akan memiliki kontruksi sistem kopling yang berbeda-beda, jadi anda harus terlebih dahulu memahami seperti apa konstruksinya agar lebih mudah menganalisa apa penyebab yang menimbulkan bunyi pada pedal kopling.

Baca juga Memperbaiki Aki Kering Mobil GS Yang Soak

Adapun umumnya penyebab pedal kompling mobil berbunyi saat di injak adalah sebagai berikut :

1. Shift Fork Tidak Ada Pelumas (Kering)

Gambar di atas merupakan garbu pembebas, dibagian yang di lingkari dengan tanda kuning bersinggungan langsung dengan pivot yang jadi satu dengan body transmisi, sehingga ketika pedal kopling di tekan akan terjadi pergerakan disini. Karena pergerakan itulah saat pemasangan di posisi ini harus di berikan pelumas seperti grease tujuannya agar bisa meredam gesekan tersebut.

Adapun letak Shift Forkini berada di dalam box transmisi biasanya ketika berbunyi sangat sulit untuk memberi grease karena celahnya tertutup, tapi anda juga bisa melakukan dengan cara di semprot dengan cairan pelumas (seperti pelumas rantai atau anti karat).

2. Persinggungan Push Rod Dan Garbu Pembebas Kopling

Sedangkan pada gambar yang kita lingkari dengan warna merah (gambar atas) akan bersinggungan langsung dengan push rod pada silinder kopling. Komponen ini juga bisa mengeluarkan suara karena terus bergesekan katika pedal kopling bekerja. Untuk itu area tersebut perlu diberikan pelumas menggunakan grease.

Letak komponen ini berada di luar sehingga cara memperbaikinya cukup mudah. Namun apabila sudah diberi grease masih juga ada bunyinya, coba bagian coakan (lingkaran merah) pada garbu digosok menggunakan kertas gosok untuk di ratakan atau di haluskan permukaanya.

3. Bunyi Di Antara Pedal Kopling Dan Master Kopling

Bunyi ini kalau di dengarkan suaranya persis di atas pedal kopling mobil, hal ini biasanya terjadi karena persinggungan antara pengait pada master kopling dengan pedal kopling. Komponen tersebut di hubungkan oleh pin terbuat dari logam,

Cara mengatasinya adalah dengan cara memberikan sedikit pelumas di area tersebut bisa menggunakan grease.  Lebih baik jika di bongkar terlebih dahulu kemudian haluskan pin serta komponen lain yang bersinggungan. Anda juga bisa periksa apakah ada kerusakan atau perubahan bentuk yang signifikan.

Baca juga Cara Jumper Aki Mobil Yang Tekor Dengan Motor

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Penyebab pedal kopling Mobil Berbunyi. Jika anda mempunyai pengalaman lainnya selain ketiga cara diatas, anda bisa menambahkannya di komentar di bawah ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *