Inilah Cara Mengetahui Bentuk Telur Calon Anak Ayam Bangkok Jantan Super dan Betina Versi 7saudara.com

Cara Mengetahui Bentuk Telur Calon Anak Ayam – Secara umum bentuk telur ayam yang biasa kita dengar ada 2 tipe yaitu bentuk telur lonjong dan bentuk telur agak bulet. Kedua tipe tersebut jika kita tidak biasa memperhatikan bentuk telur, kedua telur tersebut nampak sama saja. Berbeda dengan peternak yang sudah biasa memegang telur ayam, bentuknya berbeda sedikit saja mereka akan mengetahuinya.

Saat saya mewawancarai peternak ayam bangkok yang sudah berpengalaman, sebenarnya bentuk telur ayam bangkok itu terbagi menjadi 3 tipe, yaitu telur ayam bangkok bentuk bulat sedikit lonjong, bentuk bulat lebih lonjong dan berbentuk bulat besar dan lonjong sempurna.

Dari ketiga tipe telur ayam bangkok tersebut peternak akan memberikan perlakuan khusus terhadap telur-telur tersebut. Jika seorang peternak yang tujuannya untuk menghasilkan ayam jantan yang unggul, maka dia akan memperhatikan telur khusus untuk ayam jantan yang unggul, namun beda lagi dengan peternak yang tujuannya untuk menghasilkan telur ayam yang banyak, maka dia akan memperhatikan khusu tipe telur ayam betina yang unggul.

Adapun cara mengetahui bentuk telur calon anak ayam memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Bentuk telur ayam bangkok bulet sedikit lonjong

Jika kamu menemukan bentuk telur seperti itu, yaitu telur berbentuk bulat sedikit lonjong, dapat di pastikan kalau itu telur calon bibit ayam betina. Biasanya telur yang berbentuk seperti ini akan di perlakukan khusus bagi peternak ayam supaya bisa menetas dan menjadi indukan yang unggul. Adapun gambar bentuk telur ayam bangkok bulet sedikit lonjong di bawah ini.

2. Bentuk telur ayam bangkok bulet lebih panjang

Jika kamu menjumpai telur ayam bangkok berbentuk bulet lebih panjang, dapat di pastikan bahwa telur itu calon bibit ayam jantan. Bentuk telur seperti ini terkadang hampir mirip dengan bentuk telur bulet sedikit lonjong. Jika kamu tidak mencermatinya biasanya sering tertukar antara telur calon bibit ayam betina dengan calon bibit ayam jantan. Adapun gambar bentuk telur bulet lebih panjang sebagai berikut :

3. Bentuk telur bulet besar lonjong sempurna

Untuk telur seperti ini biasanya akan lebih di senangi oleh peternak, karena telur seperti ini sudah dapat di pastikan akan menjadi bibit ayam jantan yang berkualitas baik. Baik dari segi bakal keturunannya maupun jadi ayam jantan petarung. Biasanya telur seperti ini jika pengeramannya menggunakan menit tetas akan di bedakan dari telur-telur lainnya.

Jika dari ketiga cara diatas anda masih ragu apakah anak ayam tersebut yang sudah menetas berjenis kelamin jantan atau betina, silahkan baca cara mengetahui jenis kelamin anak ayam jantan dan betina saat umur ayam 0 – 20 hari

Demikian pembahasan mengenai cara mengetahui bentuk telur calon anak ayam jantan super dan betina. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang akan menjadi peternak ayam bangkok. Salam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *