Wisata Danau Gunung Tujuh Provinsi Jambi, Danau Tertinggi di Asia Tenggara

Wisata Danau Gunung Tujuh

Danau gunung tujuh merupakan danau air tawar tertinggi di Asia tenggara. Danau ini tergolong indah dan unik, karena letak danaunya berada di puncak gunung tujuh. Ketinggian yang dimiliki danau ini mencapai 1.950 mdpl, dengan luas sekitar 960 hektar, panjang 4,5 km dan lebar 3 km.

Letak danaunya yang berada di atas gunung, menjadikan suasana yang dimiliki danau ini masih sangat asri serta alami. Udaranya yang segar, sejuk, panorama hijau, serta air danau yang sangat jernih menampilkan keindahan yang mampu membuat Anda betah untuk berlama-lama menikmati pemandangannya.

Selain menjadi tempat berwisata, danau ini merupakan tempat mata pencaharian penduduk setempat yaitu dengan cara mengambil ikan yang ada di dalam danau. Tentu saja ikan yang di tangkap di danau ini sangat enak di makan, karena keadaan danaunya yang masih asri.

Sejarah Danau Gunung Tujuh

Baca Juga Rincian Biaya Transportasi ke Gunung Kerinci

Danau Gunung Tujuh merupakan danau vulkanik yang tercipta karena proses letusan gunung berapi yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Letusan gunung tersebut menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau. Danau Gunung Tujuh mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satu alirannya bermuara di Sungai Batanghari.

Danau gunung tujuh memiliki luas sekira 12.000 m² dan termasuk dalam wilayah Taman Nasional kerinci Seblat (TNKS) sehingga di sini Anda berkesempatan untuk mendakinya selepas mengunjungi danau ini.

Dinamai Danau Gunung Tujuh karena dikelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya. Gunung-gunung tersebut, yaitu: Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m).

Jalur menuju danau gunung tujuh

Danau Gunung Tujuh

Danau gunung Tujuh terletak di desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Mungkin masih banyak yang bertanya jika saya dari luar kabupaten kerinci atau dari luar provinsi jambi bagaimana bisa ke danau gunung tujuh ?

Tenang, walaupun anda dari luar provinsi jambi, kami akan memandu anda agar bisa berwisata ke danau gunung tujuh. Kami anggap anda dari Jakarta biar sekalian agak jauh hehe.

Ada 2 jalur yang bisa anda pilih yaitu jalur udara atau jalur darat. Kalau mau murah ya mending melewati jalur darat yaitu menggunakan bus antar kota antar provinsi. Namun jika mau lebih cepat ya menggunakan jalur udara yaitu pesawat.

1. Jika menggunakan jalur Darat

Jika kamu dari jakarta dan ingin ke kerinci, kamu cukup 3 kali transit kendaraan. Karena selama ini belum ada kendaraan umum yang tujuannya langsung ke kerinci. Biasanya bus tersebut tujuannya ke Padang, Medan dan Banda Aceh.

Jadi kamu harus naik bus dengan salah satu tujuan di atas yaa. Setelah dapat busnya tanya ke kondektornya anda mau ke Kota Bangko, di Provinsi Jambi. Jangan naik bus dulu baru bertanya ya, karena di Pulau Sumatera itu ada 2 jalur yaitu jalur lintas tengah dan jalur lintas Timur. Nah kota Bangko itu berada di jalur lintas Tengah. Makanya jika kamu mau naik bus sebaiknya beritahu dulu anda mau ke kota Bangko.

Lamanya perjalanan dari Jakarta ke Kota Bangko sekitar 27 jam. Lumayan lama yaa, tapi tenang anda akan menaiki kapal laut yang berlayar dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni.

Singkat cerita, jika anda sudah sampai di kota Bangko, Anda turun kemudian mencari angkutan umum ke arah kerinci, disana banyak angkutan yang bisa mengantarkan kamu ke Kerinci, dari mobil pribadi (Travel), atau Bus mini.

Lamanya perjalanan dari kota Bangko ke Kerinci kira-kira 3-4 jam perjalanan. Disini kamu akan melewati hutan-hutan yang masih asri, pemandangan yang indah dan sejuk, karena disini perjalanan kamu akan mendaki terus serta jalur yang belok-belok.

Mintalah sama supirnya untuk turun di dekat pos pendakian gunung tujuh, nanti kamu akan di turunkan didekat pos pendakian gunung tujuh. Setalah itu kamu bisa menyewa ojek atau sarter mobil atau jika mau irit ya jalan kaki.

2. Jika menggunakan jalur udara

Kalau keuangan kamu lumayan banyak, sebaiknya memilih jalur udara, karena relatif lebih cepat di bandingkan melewati jalur darat. Perjalanan dari jakarta ke Jambi (Bandara Sultan Thaha) memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit.

Setelah kamu sampai di bandara Sultan Thaha kamu bisa naik travel dengan jurusan ke Kerinci. Perlu di ketahui bahwa jika kamu mau menggunakan travel kamu harus pesan dulu minimal sehari sebelum keberangkatan, karena travelnya tidak ngetem di Bandara. Jika kamu sudah sampai di bandara nanti kamu akan di jemput oleh pihak travelnya. Lamanya perjalanan dari Jambi ke Kerinci sekitar 6 – 7 jam,

Baca juga Wisata Danau Belibis di Kerinci

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan mengenai wisata danau gunung tujuh, Semoga informasi tersebut bisa membantu anda yang ingin berlibur ke Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *