Tutorial dan Panduan Transfer Lewat Internet Banking BRI Terbaru

Di zaman yang serba canggih ini hampir semua pekerjaan bisa kita handle melalui smartphone. Termasuk salah satunya yaitu transfer uang melalui Internet Banking BRI.

Dahulu untuk transfer uang, kita harus pergi dulu ke mesin ATM atau mendatangi Bank langsung baru bisa transfer uang, namun sekarang karena zaman sudah serba canggih cukup menggunakan Handphone dan Jaringan Internet transfer uang sudah bisa dilakukan di dalam rumah.

Tentunya agar kita bisa melakukan transfer uang melalui Handphone yaitu dengan internet banking BRI, ada proses aktivasi internet banking BRI yang harus kita lakukan di Custumer Service BRI. Tujuannya untuk memastikan bahwa transaksi yang kita lakukan benar-benar aman. Setelah itu , barulah kita bisa mendownload aplikasi Internet Mobile Banking BRI dan melakukan proses transaksi via internet banking BRI.

Telah kita ketahui bersama bahwa cara mendaftar internet banking BRI memang ada dua macam, yaitu daftar lewat mesin ATM dan daftar lewat CS Bank BRI.

Jika kita mendaftar internet banking BRI melalui mesin ATM, maka kita hanya bisa melakukan cek saldo dan mutasi rekening saja tidak bisa melakukan transaksi finansial seperti transfer uang dll.

Sementara itu jika kita ingin agar bisa transaksi finansial melalui Internet Banking BRI, kita harus datang langsung ke CS Bank BRI dan membawa persyaratan yang diperlukan. nantinya oleh CS bank BRI akan di pandu step by step termasuk akan di pandu cara mendaftar internet banking BRI lewat HP Android.

Setelah internet banking BRI  kita aktif, tidak hanya untuk transfer uang saja yang bisa kita lakukan kita pun bisa membayar BPJS lewat internet banking BRI,  beli token listrik melalui internet banking BRI, membeli pulsa di internet banking BRI, dan masih banyak transaksi finansial lainnya yang bisa kita lakukan di aplikasi internet Banking BRI.

Nah, untuk kalian yang belum pernah melakukan transfer uang melalui internet banking BRI, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai Tutorial dan Panduan Transfer Lewat Internet Banking BRI Terbaru melalui web resmi internet banking bri di ib.bri.co.id. Berikut ini panduan :

  1. Silakan buka website internet banking bri di ib.bri.co.id. Karena kita ingin transfer lewat web internet banking BRI.
  2. masukkan username, password, dan kode validasi yang anda dapatkan saat aktivasi di CS bank BRI lalu klik “Masuk” atau “Enter”.
  3. Pilih menu Transfer > Transfer Sesama BRI. (no 1 dan 2)
  4. Pilih Dari Rekening Mana.(No 3)
  5. Masukkan Nomor Rekening Tujuan anda (no 4).
  6. Masukkan jumlah transfer, berita, dan email penerima(No 5,6,7).
  7. setelah itu klik kirim (no8).
  8. Lalu akan muncul halaman konfirmasi transfer
  9. Cek kebenaran datanya dari : rekening asal, nomor rekening tujuan, nama rekening tujuan, jumlah, berita, dan email, jika ada yang salah anda bisa memperbaikinya dengan mengklik “kembali”
  10. Namun jika sudah benar, masukkan password internet banking kalian yang kalian gunakan untuk login ke internet banking anda seperti tadi di atas.
  11. Lalu Klik “permintaan mtoken” untuk mendapatkan mtoken via SMS dari bank BRI.
  12. Cek SMS di HP anda. Mtoken akan dikirimkan via sms dan memiliki masa berlaku biasanya 5 menit saja.
  13. masukkan mtoken ke form internet banking BRI di bawah kode password. Pastikan server ID sama dengan server ID yang ada di SMS.
  14. Jika sudah OK, klik Kirim.
  15. Transaksi transfer dana via internet banking BRI pun berhasil.
  16. Simpan kode referensi dan bukti transfer untuk keperluan komplain jika terjadi masalah.

Nah itulah beberapa langkah cara transfer uang menggunakan internet mobile banking BRI ke sesama bank BRI adapun panduan dan tutorial cara transfer uang lewat Internet Banking BRI ke beda bank berikut ini informasinya.

Cara transfer uang menggunakan Internet banking BRI ke bank lain

Cara transfer melalui internet banking BRI dari BRI ke bank lain sebenarnya gak jauh berbeda dengan cara transfer ke sesama BRI. Agar lebih paham, simak penjelsannya berikut

Di langkah pertama, pilih menu Transfer > Transfer Antar Bank, maka kalian akan dibawa ke halaman berikut:

Dari Rekening: Pilih rekening kalian.Berikut ini yang harus kalian isi:

  • Tentukan Bank Tujuan: pilih bank lain tujuan transfer, misal BCA, Mandiri, BTN, BNI, dan sebagainya.
  • Masukkan nomor rekening tujuan anda.
  • Masukkan jumlah yang mau di transfer.
  • Masukkan nomor referensi, berapapun terserah kalian angkanya.
  • masukkan berita, misalkan: membeli ….., bayar hutang, bayar cicilan dsb
  • masukkan email penerima.

Jika format sudah terisi semua, silakan klik “Kirim” seperti langkah transfer dari BRI ke BRI lewat internet banking.

Langkah selanjutnya, tinggal konfirmasi data, kemudian masukkan PIN Internet Banking, kirim Permintaan mtoken, lalu masukkan Mtoken, dan proses transfer.

Transaksi transfer uang dari BRI ke bank lain menggunakan internet banking BRI pun selesai.

Biaya Transfer Via Internet Banking BRI

Perlu diketahui bahwa saat kita melakukan transfer menggunakan internet banking BRI baik ke sesama BRI ataupun ke lain bank, kita akan dikenakan biaya adminstrasi. Adapun biayanya sebagai berikut :

  1. Transfer BRI ke BRI (ke sesama BRI) melalui internet banking BRI akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp 250.
  2. Transfer dari BRI ke bank lain (BCA, BNI, Mandiri, BTN, dll) Biayanya Rp 6500.

Selain dikenakan biaya transfer, kita juga akan dikenakan biaya SMS oleh operator saat menerima mtoken dari BRI. Adapun biayanya sebesar 660 rupiah sudah termasuk PPN untuk Telkomsel/kartu As.

Baca juga Cara Mendaftar dan Membuat Akun Tokopedia

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai Tutorial dan Panduan Transfer Lewat Internet Banking BRI. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam melakukan transaksi menggunakan Internet Mobile Banking BRI,

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *