Perkiraan Biaya Mendaki Gunung Merapi Dari Jakarta

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi yang berstatus aktif di Indoenesia yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.930 mdpl. Selain menjadi obyek wisata gunung Merapi juga menjadi tujuan bagi para pendaki.

Meski terbilang sebagai gunung berapi yang berbahaya karena sering mengalami erupsi, akan tetapi gunung berapi ini tetap menjadi gunung idaman untuk di daki oleh para pendaki gunung.

Sehingga tidak heran jika gunung merapi ini ramai pendaki saat musim liburan dan pendakinya pun tidak hanya dari lokal saja, dari mancanegara juga banyak yang ingin melihat keindahan alam dari atas gunung merapi.

Trek Pendakian

Baca juga Rincian Biaya ke Gunung Ciremai Via Jalur Palutungan dari Jakarta

Sama seperti gunung-gunung lainnya, trek untuk pendakian di Gunung Merapi ini bisa dikatakan trek yang sangat menantang bagi para pendaki. Hal ini dikarenakan trek yang harus di leati pendaki didominasi dengan tanjakan terjal bebatuan yang begitu panjang.

Selain itu, Pendaki akan mengalami kesulitan saat akan mencapai Puncak Merapi, karena tpendaki akan melewati medan pasir yang panjang dengan kemiringan yang begitu ekstrim hal ini akan  menguras tenaga.

Namun, dengan trek nyang sangat sulit untuk didaki, akan terbayar lunas jika anda dapat menggapai puncaknya, dimana keindahan dan keelokan pemandangan alam di sekitar gunung merapi memang tidak di ragukan lagi.

Perkiraan Biaya Mendaki Gunung Merapi dari Jakarta

Perkiraan biaya mendaki gunung merapi ini di mulai dari Jakarta, jika anda tingga di luar Jakarta, anda bisa memperkirakan biaya transportasi anda dari tempat tinggal anda menuju Jakarta.

Ada 3 alternatif transportasi yang bisa anda gunakan yaitu menggunakan pesawat terbang, Kereta Api dan Bus. Namun kali ini kami akan mengulas perjalanan menggunakan transportasi Bus AKAP.

1. Jakarta – Semarang

Kamu bisa menggunakan bus dengan jurusan Semarang, ada bnayak sekali bus yang bisa mengantarkan kamu ke Semarang. Umumnya ongkos bus dari Jakarta (terminal Pulo gadung, Kampung Rambutan) ke Semarang itu sekitar Rp 160.000 – Rp 180.000.

2. Semarang – Boyolali

Setelah anda sampai di Semarang, perjalanan bisa anda lanjutkan dengan menggunakan angkutan bus antar kota dengan jurusan Semarang – Boyalali. Adapun tarifnya sekitar Rp Rp 25.000 – Rp 40.000.

3. Boyolali – Kec. Selo

Selanjutnya, Perjalanan masih harus dilanjutkan dari terminal Boyolali menuju Kecamatan Selo, Adapun tarifnya sekitar Rp 15.000 – Rp 25.000.

4. Kec. Selo – Basecamp 1

Setelah sampai di kec. Selo anda bisa menggunakan jasa ojek ataupun jalan kaki.

Adapun tarif ojek dari kec. Selo ke Basecamp bervariasi tergantung nego anda dengan abang ojeknya namun perkiraan biayanya sekitar Rp 15.000 – Rp 25.000.

5. Registrasi pendakian

Adapun biaya registrasi untuk mendaki ke gunung Merapi, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 16.000 dan anda juga di haruskan meninggalkan KTP di pos Jaga.

Baca juga Perkiraan Biaya Mendaki Gunung Prau

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai perkiraan biaya mendaki gunung Merapi dari Jakarta. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *