Panduan dan Cara Mudah Membeli Tiket Kereta Api di Stasiun, Langsung Berangkat

Kereta Api merupakan mode Transportasi Umum milik BUMN yang di kelola oleh PT KAI. Transportsi kereta api sangat diminati masyarakat karena harga tiketnya yang murah dan penumpang bisa lebih santai dalam menikmati perjalanan.

Ada dua cara proses pemesanan tiket kereta api yaitu cara online dan offline, Namun kali ini kami hanya membahas pembelian tike kereta api secara offline yaitu dengan mendatangi stasiun kereta api langsung. Bagi yang sering bepergian menggunakan transportasi kereta api mungkin sudah tidak asing lagi dengan cara yang di terapkan dalam memesan tiket kereta api.

Berbeda dengan cara pemesanan dan pembelian tiket kereta api dahulu. Dahulu untuk mendapatkan tiket kereta api kita sangat mudah cukup datang ke stasiun kemudian pesan tiket tujuan, bayar dan bisa langsung berangkat tanpa syarat apapun. Namun saat ini cara tersebut sudah tidak bisa lagi, anda harus mengisi formulir pemesanan tiket kereta api terlebih dahulu. Hal ini diharapkan  akan lebih meningkatkan kualitas pelayanan pt kereta api terhadap penumpangnya.

Nah bagi anda yang masih bingung dengan aturan terbaru untuk membeli tiket kereta api, berikut ini akan kami berikan Panduan dan Cara Mudah Membeli Tiket Kereta Api di Stasiun, Langsung Berangkat :

1. Bawa kartu Identitas diri (KTP) yang Masih Berlaku

Jika anda hendak membeli tiket kereta api baik secara online maupun offline, anda diwajibkan mencantumkan No KTP anda. Bila anda mau membelikan tiket untuk saudara atau teman anda, bawalah kartu identitas mereka juga. Kartu identitas digunakan untuk mengisi formulir pemesanan tiket kereta api, karena formulir tersebut harus diisi sesuai nomor kartu identitasyang anda miliki.

Namun jika mereka usianya masih dibawah 17 tahun dan belum memiliki kartu identitas, bisa anda meminta fotocopy KKnya. Sebagai acuan untuk mengisi formulir tiket kereta api mereka.

Satu lembar formulir pemesanan tiket kereta api bisa digunakan maksimal 4 orang, jika anda mau memesan tiket lebih dari 4 orang, anda bisa meminta formulir kembali.

2. Mengambil kartu antrian.

Saat anda memasuki ruangan pembelian tiket, terlebih dahulu mintalah kartu antrian kepada petugas. Hal ini agar memudahkan dan mempercepat anda dalam membeli tiket kereta api. Setelah kartu antrian sudah didapat barulah anda mengisi formulir pemesanan tiket kereta api.

3. Bawa Ballpoint sendiri

Sebenarnya di stasiun kereta api telah disediakan ballpoint, namun kami sarankan untuk membawa ballpoint sendiri tujuan agar pengisian formulir pemesanan kereta api anda bisa lebih mudah dan cepat,tidak perlu mengantri ballpoint.

4. Isi formulir sesuai data yang ada di kartu identitas

Adapun formulir yang harus anda isi sebagai berikut :

  • Nama pemesan tiket ( nama harus sama dengan nama yang tertulis di karu identitas )
  • Nomor kartu identitas
  • Nama penumpang 1 sampai empat maksimal per lembar formulir
  • Nomor kartu identitas penumpang 1 sampai 4
  • Jadwal keberangkatan kereta
  • Nama kereta api
  • Tujuan anda
  • nomor telepon

5. Menunggu antrian

Setelah data diatas sudah anda isi semua, anda tinggal menunggu antrian. Biasanya petugas akan memanggil anda dengan nomor antrian yang anda miliki.

Sebagai saran saja, sebaiknya membeli tiket kereta api satu minggu sebelum tanggal keberangkatan, hal ini untuk mencegah kehabisan tiket kereta api. Karena saat ini jumlah penumpang yang dibatasi oleh jumlah tempat duduk yang di sediakan pihak kereta api.

Baca juga Cara Mudah Membeli Tiket Kereta Api di Alfamart

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Panduan dan Cara Mudah Membeli Tiket Kereta Api di Stasiun, Langsung Berangkat. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *