Panduan Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 0-3 Bulan Versi 7saudara.com

Cara Merawat Anak Kucing Persia Baru Lahir

Kamu mempunyai anak kucing persia yang baru lahir ? jika iya, mungkin kamu mempunyai kendala dalam merawat anak kucing tersebut?

Memang, dalam merawat anak kucing yang baru lahir bisa dibilang sedikit repot dibandingkan merawat kucing yang sudah dewasa.

Akan tetapi, kamu tidak perlu takut jika mengetahui bagaimana cara merawat anak kucing persia yang baru lahir, kamu tidak akan merasa kesulitan, malah sangat menyenangkan.

Dalam mengurus anak kucing persia yang baru lahir, memang butuh perhatian dan perlakuan khusus. Apa lagi anak kucing tersebut tidak mempunyai induknya.

Kita harus paham betul dalam membaca keperluan anak kucing tersebut. Tapi jika kita merawat kucing ini dengan baik dan benar, tentu anak kucing tersebut akan tumbuh besar dengan baik pula.

Nah, berikut ini merupakan informasi mengenai beberapa cara merawat anak kucing persia yang baru lahir :

1. Tempat tinggal yang baik

Pertama kita harus menyediakan tempat tinggal yang baik terlebih dahulu bagi anak kucing dan induknya. Karena, induk kucing yang baru melahirkan sangat rentan terhadap penyakit. Apalagi tempat tinggalnya kumuh dan jorok, anak kucing dan induknya akan cepat terserang penyakit.

Sebaiknya, anak kucing di tempatkan di tempat yang bersih dan kering. Selain itu, tempatnya juga harus hangat karena anak kucing yang baru lahir bulunya belum tumbuh lebat. Kita bisa memberikan lampu di tempat tinggalnya.

2. Menjaga kesehatan induk kucing

Jika kita mempunyai induknya, jangan lupa memperhatikan kesehatan induknya. Kondisi kesehatan induknya akan mempengaruhi kesehatan dari anaknya. Karena, anak kucing masih menyusu dengan induknya.

3. Memberikan asupan makanan yang bergizi untuk anak kucing

Supaya anak kucing dapat tumbuh sehat, kita harus memberikan asupan makanan yang baik seperti susu, makanan dan air mineral.

Susu – Anak kucing umur 0 – 3 bulan biasanya masih menyusu dengan induknya. Akan tetapi tidak salah jika kita memberikan susu tambahan kepada anak kucing. Jika kita mau memberikan susu tambahan, yang perlu diingat, jangan berikan susu sapi, karena anak kucing dapat mencret. Sebaiknya, beli susu formula khusus untuk anak kucing.

Makanan – Untuk makanan anak kucing persia kita cukup membeli makanan yang khusus makanan anak kucing (Kitten), sedangkan untuk induknya di beri makan adult (kucing dewasa)

Air Mineral – Sediakan tempat air minum untuk anak kucing. Tentunya airnya bersih dan steril. Usahakan tempat minumnya lebih rendah dari anak kucing sehingga lebih mudah bagi anakan kucing untuk meminumnya.

4. Berikan Vaksin dan obat

Salah satu poin yang penting ialah memberikan vaksin dan obat supaya anak kucing tetap sehat. Vaksin berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kucing. Untuk masalah vaksin dan obat, saya sarankan sebaiknya kucing di bawa ke dokter hewan.

Demikian lah tips tentang bagaimana cara merawat anak kucing persia baru lahir. Walaupun dalam merawat anak kucing persia punya kendala tersendiri di bandingkan jenis kucing yang lain, tapi kita akan merasa lebih senang ketika anak kucing tersebut sudah besar. semoga informasi ini bisa bermanfaat. Salam..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *