Mau Ke Batam?? Inilah Daftar Transportasi Umum yang ada di Pulau Batam

Bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi Kota Batam tentunya akan mencari informasi selengkap-lengkapnya mengenai transportasi umum yang ada di Kota Batam. Apalagi anda bepergian hanya sendiri dan mengandalkan informasi dari teman yang berada di Kota Batam.

Kota Batam memiliki beberapa pilihan kendaraan umum yang bisa anda manfaatkan jasanya untuk mengantarkan anda hingga sampai ke tempat tujuan. Kendaraan umum yang tersedia seperti  angkotan umum (angkot) atau yang biasa disebut dengan “metro trans” oleh penduduk setempat, ojek, bus umum dan bus rapid transit (Trans Batam) dan taksi.

Sayangnya untuk transportasi umum seperti angkot atau metro trans dan bus umum baru tersedia untuk beberapa area saja, seperti di Batam Center, Nagoya, Nongsa, Bengkong, dll.

Nah berikut ini kami informasikan mengenai trayek dan harga tiket transportasi umum di Kota Batam.

1. ANGKOT

Angkot atau metro trans merupakan transportasi umum di Batam yang memiliki berbagai trayek atau jurusan. Setiap trayek dibedakan berdasarkan warna dari ankot tersebut. Nah dibawah ini merupakan beberapa warna angkot dan trayek yang ada di pulau Batam.

Nomor MikroletWarnaTrayek
1Putih/ merah mudaJodoh-Nongsa
2CoklatMuka Kuning-Batu Aji
3HijauJodoh-Bengkong
4KuningBengkong-Muka Kuning
5OranyeJodoh-Punggur
6Merah tuaJodoh-Batu Aji-Dapur 12 via Sukajadi
7Biru tuaJodoh-Batu Aji-Tanjung Uncang via Batam Center

Satu angkot bisa menampung sekitar 8 sampai 9 orang. Tidak seperti angkot yang ada di Jakarta, di mana para penumpang duduk saling berhadap-hadapan, di Batam para penumpang duduk menghadap ke depan semuanya.

Untuk tarif angkot di Kota Batam tergantung dari jauh atau dekatnya tempat tujuan penumpang. Misalnya, dari Batam Centre International Ferry Terminal (Batam Centre) ke Nagoya Hill Shopping Mall (Jl. Imam Bonjol, Nagoya) tarifnya sebesar Rp. 4.000, atau ke daerah Nongsa sebesar Rp. 9.000.

2. OJEK

Ojek atau yang bisa dibilang taksi motor merupakan angkutan umum yang lebih diminati banyak orang karena dapat membawa penumpang ketempat tujuan lebih cepat.

Sama seperti didaerah lainnya, ojek bisa ditemukan di pangkalan ojek yang bertulis “Pangkalan Ojek” di pinggir jalan. Adapun tarif Ojek tergantung jauh dekatnya tempat tujuan, namun kalau masih disekitar kota Batam tarifnya bisa Rp. 7.000 – Rp 10.000.

3. TAKSI

Di Kota Batam ini juga terdapat taksi, namun ada yang beda dengan taksi dari daerah lain, disini ada taksi yang tidak menggunakan argo meter dan tidak semua taksi dibatam menggunakan logo “Taksi” di bagian atap mobilnya.

Ada beberapa taksi merupakan mobil sedan milik pribadi sehingga mungkin agak sulit bagi anda yang baru pertama kali ke kota Batam untuk membedakannya dengan mobil sedan pribadi non taksi.

Yang paling mudah untuk menandai taksi di kota Batam yaitu dari jenis mobil sedan yang digunakan merupakan jenis mobil sedan model lama dan biasanya berwarna hitam.

Uniknya lagi, taksi jenis ini bisa menaikkan penumpang lainnya meskipun sudah ada penumpang lain di dalamnya, kecuali jika Anda bilang “carter” kepada sopir maka sopir tidak bisa menaikan penumpang lagi.

Oleh karena itu, anda harus lebih berhati-hati jika ingin menggunakan jasa taksi jenis ini, terutama jika anda merupakan pendatang atau wisatawan yang belum begitu paham dengan Kota Batam. Taksi non-argo meter bisa dengan mudah anda temukan di pinggir jalan-jalan utama kota Batam, di depan terminal Feri, Bandara, dan di tempat-tempat umum lainnya.

Adapun untuk tarif taksi non argometer sangat bervariasi, tergantung jauh dan dekatnya tempat tujuan Anda. Misalnya dari daerah Waterfront City tujuan Nagoya, atau sebaliknya tarifnya sekitar Rp. 120.000 (kurang lebih selama 30 menit perjalanan), ke Sekupang atau Batam Centre tarifnya sekitar Rp. 95.000, selama kurang lebih 15-20 menit perjalanan. Nagoya tujuan Nongsa atau sebaliknya tarifnya sekitar Rp. 150,000.

Namun perlu diperhatikan bahwa Tarif tersebut masih bisa dinegosiasi. Jadi jangan ragu untuk menawar untuk mendapatkan tarif yang lebih murah. Sebaiknya nego terlebih dahulu sebelum naik taksi agar bisa mendapatka tarif murah.

Selain taksi non argometer, tentu di Batam juga ada taksi menggunakan argo meter diantaranya taksi Blue Bird dan Silver Cab. Anda dapat melakukan pemesanan taksi Silver Cab di nomor telepon: 0778 461000 dan taksi Blue Bird di nomor telepon: 0778 421234.

4. BUS UMUM

Keberadaan bus angkutan umum di Kota Batam masih sangat terbatas. Namun kini Batam telah memiliki Bus Rapid Transit yang dikenal dengan nama Trans Batam dan koridor yang dilayani saat ini berawal/berakhir di Sekupang, Batuaji dan Batam Center, koridor lain dikabarkan akan menyusul.

Tarif Trans Batam ini adalah Rp. 5.000. Sementara bus kota (bus umum) juga tersedia walau melayani rute “Batam Centre-Batu Aji” dan “Batam Centre-Sekupang” dengan tarif masing-masing sama, yaitu Rp. 5.000 (tarif tujuan jauh dan dekat sama).

Baca juga : Jadwal keberangkatan dan Harga Tiket Kapal Pelni KM. Kelud Kelas Ekonomi Jurusan Tanjung Priok – Batu Ampar (Batam)

Nah itulah informasi mengenai daftar transportasi umum di kota Batam, semoga informasi ini bisa membantu anda yang ingin bepergian ke Kota Batam.

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *