Inilah Tips Memilih Sepatu Gunung Untuk Wanita

Tips Memilih Sepatu Gunung Untuk Wanita

Baru pertama kalinya naik gunung? Hiking tidak dapat mengggunakan sneakers atau sepatu lari umum lho. Untuk mendaki gunung, Anda membutuhkan sepatu spesial hiking untuk kenyamanan serta keselamatan saat mendaki.

Bagaimana cara memilih sepatu hiking untuk pendaki pemula? Berikut ini ada 7 tips memilih sepatu gunung untuk wanita yang baru pertama kali naik gunung. Yuk di simak penjelasannya.

Tips Memilih Sepatu Gunung Untuk Wanita

1. Type sepatu

Pertama, anda mesti menyesuaikan type pendakian apa yang akan dilakukan. Untuk pemula, dianjurkan menggunakan type sepatu yang low-cut dengan tinggi dibawah mata kaki atau mid-high-cut yang tutup mata kaki. Keduanya pas digunakan untuk pendakian yang tidak terlalu berat serta dapat digunakan untuk jalan kaki dengan jarak yang jauh.

2. Anti air

Cuaca di pegunungan yang seringkali hujan serta track yang bisa saja melalui sungai-sungai kecil membuat anda mesti pilih sepatu yang tahan air. Bahan yang umum dipakai yaitu gore-tex. Walau tahan air, bahan itu tetaplah memberikan ruangan untuk kulit bernafas serta dilengkapi ventilasi untuk udara dari keringat yang tidak membuat bau sepatu.

3. Sol bergerigi

Medan pendakian tidak dapat terduga. Dapat berpasir, bebatuan ataupun tanah gembur yang mungkin membuat anda terpeleset. Anda harus pilih sol yang bergerigi atau tapak kembang yang kasar serta tetaplah elastis. Ini dapat membantu injakan kaki supaya lebih ‘menggigit’ di tanah.

4. Berat sepatu

Sisi ini harus jadi pertimbangan. Jangan sampai sepatu yang di gunakan sangat berat sehingga membuat anda sulit untuk melangkah. Pastikan sepatu yang tidak lebih berat dari satu kg. Atau, anda dapat coba sepatu sembari mengambil langkah, lantas rasakan seberapa berat sepatu itu.

5. Satu nomor lebih besar

Mendaki gunung tidak hanya tanjakan, tapi juga turunan. Ini peranannya pilih sepatu yang satu nomor lebih besar dari ukuran umumnya. Ukuran yang semakin besar satu nomor bisa berikan ruangan untuk kaki waktu turun gunung.

6. Nyaman

Waktu coba sepatu hiking, upayakan sembari menggunakan kaos kaki supaya lebih mengerti ruangan gerak kaki. Kaos kaki yang dipakai hendaknya memiliki bahan katun atau sintetis yang dapat menyerap keringat. Kenyamanan yaitu hal yang paling utama karna anda akan melangkah dengan sepatu itu.

7. Membeli sepatu di Malam hari

Saat mencoba sepatu hiking, sebaiknya di coba saat malam hari. Karna ketika itu, ukuran kaki menjadi lebih besar dari umumnya. Langkah tersebut untuk hindari ukuran sepatu yang kekecilan saat kaki jadi membesar karna kesibukan mendaki yang berat.

Baca juga Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula yang Wajib di Ketahui

Demikianlah informasi mengenai tips memilih sepatu gunung untuk wanita, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *