Harga tiket masuk dan Alamat Candi Muaro Jambi, Kompleks Candi Terbesar di Asia Tenggara

Harga tiket masuk dan alamat Candi Muaro Jambi – Candi Muaro Jambi merupakan sebuah komplek bangunan candi terbesar di Asia Tenggara. Menurut ahli sejarah / arkeolog menuturkan bahwa Candi Muaro Jambi ini merupakan pusat pendidikan pada masa Kerajaan Sriwijaya.

Dapat dikatakan sebagai tempat pendidikan karena di komplek Candi ini tidak ditemukan benda-benda senjata seperti tombak, panah dll.

Sejarah Candi Muaro Jambi dan Asal-usulnya

seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, bahwa komplek candi muaro Jambi ini di prediksi merupakan sebuah pusat pendidikan atau bisa di sebut “kampus” pada masa kerajaan Sriwijaya.

Menurut situs purbakala, Candi Muaro Jambi ini diyakini sebagai salah satu pusat pengembangan agama Buddha di daerah Sumatera di masa kerajaan Sriwijaya.

Berdasarkan data dari Wikipedia bahwa Candi Muaro Jambi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 11 Masehi.

Awal mula ditemukan Kompleks Candi Muaro Jambi

Orang pertama yang disebut sebagai penemu komplek candi Muaro jambi ini adalah S.C. Crooke. Pada tahun 1824, S.C. Crooke dimana saat itu sebagai Letnan Inggris melaporkan tentang adanya Kompleks Candi di dekat Sungai Batanghari pada saat melakukan pemetaan daerah aliran sungai untuk kepentingan militer saat itu.

Lebih dari 150 tahun kemudian, yaitu tepatnya di tahun 1975, barulah penemuan S.C. Crooke ini mendapat perhatian dari Pemerintah Indonesia.

Di tahun tersebut Pemugaran pertama dilakaukan oleh pemerintah Indonesia dipimpin oleh R. Soekmono  dan hasilnya 9 buah candi di Kompleks Muaro Jambi ini berhasil di pugar.

Pada tahun 2009, Candi Muaro Jambi telah diusulkan ke Unesco  untuk menjadi salah satu warisan dunia.

Letak Komplek Candi Muaro Jambi

Komplek Candi Muaro Jambi terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, sekitar 26 km dari Kota Jambi. karena lokasinya sangat luas informasi yang kami dapat luasnya sekitar 3981 hektar , sehingga letaknya tidak hanya berada di satu desa saja tapi setidaknya ada 7 desa yang merupakan komplek candi Muaro Jambi.

Adapun Desa tersebut  yaitu : Desa Muaro Jambi, Dusun Baru, Danau Lamo, Kemingking Luar, Kemingking Dalam, Teluk Jambu dan Dusun Mudo.

Candi Muaro Jambi ini terletak di tepi Sungai Batanghari sehingga lokasinya sangat strategis sekali karena berada di tepi sungai yang merupakan jalur transportasi air yaitu sungai Batanghari.

Transportasi menuju Candi Muaro Jambi 

Nah bagi kamu yang ingin ke candi muaro Jambi, Transportasinya memang bisa dikatakan masih cukup susah. Soalnya belum ada angkutan umum menuju Kompleks Candi Muaro Jambi tersebut.

Cara paling mudah kalau kamu mau jalan-jalan ke Candi Muaro Jambi adalah dengan membawa kendaraan sendiri atau sewa kendaraan/rental mobil atau naik taksi.

Jika susah untuk mencari lokasinya, anda bisa memanfaatkan smartphone anda yaitu menggunakan fitur Maps. Nantinya anda akan di tuntun menuju ke komplek Candi Muaro Jambi.

Nama-nama Candi Muaro Jambi

Setidaknya hingga saat ini sudah ada 10 candi yang sudah di pugar, adapaun nama ke-9 candi tersebut adalah :

  1. Candi Kotomahligai Muaro Jambi
  2. Candi Kedaton Muaro Jambi
  3. Candi Gedong Satu Muaro Jambi
  4. Candi Gedong Dua Muaro Jambi
  5. Candi Gumpung Muaro Jambi
  6. Candi Tinggi Muaro Jambi
  7.  Candi Telago Rajo Muaro Jambi
  8. Candi Kembar Batu Muaro Jambi
  9. Candi Astano Muaro Jambi
  10. Candi Sialang Muaro Jambi

Harga Tiket Masuk Candi Muaro Jambi

Bagi anda yang ingin jalan-jalan ke Candi Muaro Jambi, untuk harga tiketnya sangat terjangkau loh yaitu cukup 3 ribu rupiah perorang. Kemudian untuk kendaraan yang kita gunakan akan dikenakan biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk motor, 5 ribu rupiah untuk mobil, dan 10 ribu rupiah untuk bus.

Baca juga Alamat Taman Bunga Merangin Garden Bangko, Jambi

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Harga tiket masuk dan Alamat Candi Muaro Jambi, Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin liburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *