Danau Toba

Rekomendasi tempat wisata di danau toba 2022

Rekomendasi tempat wisata di danau toba 2022

Siapa yang belum tau tentang Danau Toba. Danau terbesar di Asia Tenggar ini sudah mempunyai tempat tersendiri di hati para wisatawan.

Jika kamu berkunjung ke Danau Toba ada beberapa hal yang harus di ketahui yaitu di sekitar Danau Toba sendiri banyak tempat wisata yang tidak kalah indah. Diantaranya adalah:

1.Air Terjun Situmurun

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Jalu, Kabupaten Toba Samosir. Airnya mengalir langsung menuju Danau Toba.

Air Terjun Sitamurun Tingginya mencapai 70 meter bersama dengan 7 tingkatan. Berjarak tidak cukup lebih 70 kilometer dari Kota Balige.

Air Terjun Situmurun ini langsung mengalir ke Danau Toba. Tepat di bawah air terjun pengunjung bisa berenang merasakan segarnya air terjun tersebut.

Akses menuju ke area ini hanya melalui jalur transportasi air. Untuk ke area ini terhitung kebanyakan dengan menyewa kapal yang harganya mulai dari Rp 1.000.000,- hingga 2.500.000.

Tergantung kapasitas dan besar kecilnya kapal tersebut. Namun kapal selanjutnya telah mampu mengangkut penumpang kira-kira 50 sampai 100 orang.

Karena biaya sewa yang cukup mahal jika di bayar sendiri alternative lain dengan cara patungan, karena kapal ini sendiri juga mampu mengangkut banyak penumpang.

2.Bukit Holbung

Bukit Holbung dikenal juga dengan sebutan Bukit Teletubbies oleh masyarakat setempat, karena kawasan ini memiliki kesamaan pemandangan dan ukurannya dengan bukit tersebut.

Di bukit ini, wisatawan dapat melihat Danau Toba dari ketinggian, nelayan yang tengah mencari ikan, serta Pusuk Buhit, gunung api yang ada di Sumatera Utara.

Bukit yang telah berusia 200 tahun ini memiliki pemandangan yang indah dan kehidupan masyarakat setempat yang menjadi daya tarik pengunjung.

Di tempat ini juga ada Air Terjun Turbo atau Sampuran Bolon yang dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Holbung dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Di Bukit Holbung ini pengunjung selain bisa menikmati keindahan Danau Toba namun juga bisa mendirikan tenda.

Harga tiket masuk Bukit Holbung ini cukup terjangkau yaitu hanya sebesar Rp 5.000 per orang. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenai tarif parkir, untuk sepeda motor sebesar Rp 5.000 dan mobil sebear Rp 10.000.

3.Bukit Gibeon

Bukit Gibeon Sibisa lokasinya tak jauh kok dari wisata Danau Toba, hanya berjarak sekitar 3 km saja. Tepatnya terdapat di  Parsaoran Sibisa, Ajibata, Sionggang Utara, Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

wisata alam Bukit GibeonSibisa ini memiliki air terjun yang sangat menawan sebagai suguhan utamanya. Hal yang membuat wisata ini istimewa adalah dibangunnya kolam renang di bawah guyuran air terjun, sehingga kolam renang dialiri langsung oleh air terjun.

Bukit Gibeon Sibisa ini dibuka untuk umum sejak bulan Juli 2016. Pada awalnya di bukit ini adalah tempat sekolah umat kristiani, namu karena keindahannya banyak orang yang datang dan pada akhirnya di buka sebagai tempat wisata.

Harga tiket masuk di sini pun tidak akan membuat dompet jebol karena per orangnya hanya di kenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000/orang. Selain itu, pengunjung juga dikenai biaya parkir seharga Rp 2.000.

4.Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata terletak di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Wisatawan yang tengah berada di Danau Toba, biasanya akan mengunjungi Air Terjun Efrata karena jaraknya berdekatan.

Rerumputan hijau serta pepohonan yang rimbun membuat perjalanan para pengunjung tidak terasa. Keindahannya tidak akan membuat bosan siapa pun yang melihatnya.

Perjalanan dari Kabupaten Samosir ke Air Terjun Efrata akan menempuh jarak 36 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Air Terjun Efrata memiliki ketinggian 20 meter. Letak Air Terjun Efrata berdekatan dengan Menara Pandang Tele dan Danau Toba. Air Terjun Efrata berada di kawasan hijau diampit perbukitan.

Pengunjung yang akan menikmati air terjun Efrata cukup dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 8.000. Sedangkan, uang parkir kendaraan mobil dan motor sebesar Rp 2.000 per unit.

baca juga:4 Tempat Wisata Ala Jepang Di Medan Yang Harus Di Kunjugi

Belum lengkap rasanya jika kamu ke Danau Toba tapi tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat diatas.