Inilah 3 Cara Terakurat Mengetahui Kelamin Anak Ayam Bangkok Umur 0 – 20 Hari Versi 7saudara.com

Cara Terakurat Mengetahui Kelamin Anak Ayam Bangkok – Ketika anak ayam baru saja menetas dari telurnya, kita akan di buat bingung untuk mengetahui mana anak ayam berjenis kelamin jantan dan mana anak ayam berjenis kelamin betina. Karena hampir semua bentuk tubuh anak ayam tersebut sama, padahal jika kita mengetahui triknya, ternyata anak ayam jantan dan anak ayam betina itu terdapat perbedaan.

Bagi peternak ayam bangkok, mengetahui kelamin anak ayam yang baru saja menetas sangatlah penting, karena anak ayam tersebut baik anak ayam betina maupun anak ayam jantan pasti berbeda perawatannya. Sejak masih kecil anak ayam tersebut akan di pelihara sungguh-sungguh sehingga dapat menghasilkan ayam bangkok yang berkualitas baik sebagai ayam indukan maupun sebagai ayam petarung.

Adapun Cara Terakurat Mengetahui Kelamin Anak Ayam Bangkokada 3 ciri-cirinya yaitu sebagai berikut :

1. Anak ayam bisa di lihat dari bentuk Bulunya

Anak ayam yang baru saja menetas, terdapat perbedaan di bulunya, bulu yang di maksud disini adalah bulu di bagian sayapnya. perhatikan gambar di bawah ini.

Dari gambar diatas sangatlah jelas di bagian bulu tersebut ada perbedaan, yaitu ada bulu yang panjang dan ada bulu yang pendek. Bulu yang panjang sudah di pastikan kalau anak ayam tersebut berjenis kelamin betina, sedangkan anak ayam yang memiliki bulu pendek, sudah di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan.

2. Membedakan anak ayam dengan cara melihat langsung dari kelaminnya

Cara ini hanya bisa dilakukan ketika anak ayam berusia 1 sampai 5 hari. Usia anak ayam 1 – 5 hari merupakan fase anak ayam dalam penyempurnaan kelaminnya.

Cara mengetahuinnya cukup gampang yaitu kamu cukup membuka bagian pembuangan kotoranya (Dubur) menggunakan jari, jika dubur anak ayam tersebut bentuknya memanjang sudah di pastikan anak ayam berjenis kelamin jantan, sedangkan jika bentuk dubur anak ayam tersebut melebar dapat di pastikan anak ayam berjenis kelamin betina.

Cara mengetahui kelamin anak ayam bangkok seperti ini keakuratannya bisa mencapai 80 %. Supaya hasilnya lebih akurat, lakukan pengecekan di tempat yang terang sehingga nampak jelas bentuk dubur anak ayam tersebut.

3. Membedakan anak ayam dengan cara melihat sifat anak ayam tersebut

Cara yang ke-3 adalah melihat langsung sifat dari anak ayam tersebut. Cara ini dapat kamu praktekan langsung memegang anak ayam tersebut. Jika anak ayam tersebut di pegang kemudian dia berontak, bisa dikatakan anak ayam tersebut berjenis kelamin betina. Namun jika anak ayam tersebut dipegang kemudian dia diam saja, dapat di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan.

Supaya lebih jelasnya perhatikan penjelasan di bawah ini :

A. Ketika anak ayam di pegang bagian kulit lehernya, kemudian di tarik ke atas, jika hasilnya anak ayam tersebut berontak atau kaki dari anak ayam tersebut mencakar-cakar dapat di pastikan anak ayam berjenis kelamin betina, begitu pula sebaliknya. Jika anak ayam terebut tidak berontak dapat di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan.

B. Cara ke 2 yaitu letakkan anak ayam dengan posisi terbalik di telapak tangan, jika anak ayam berontak dapat di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin betina, tapi jika anak ayam tersebut diam saja bisa dikatakan anak ayam berjenis kelamin jantan.

C. Cara yang ke 3 adalah pegang ke 2 kaki anak ayam posisikan anak ayam terbalik, jika anak berontak dengan cara mengibaskan sayapnya berarti anak ayam berjenis kelamin betina, namun jika anak ayam diam saja dapat di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan.

Baca juga : Cara Melatih Ayam Bangkok Agar Memiliki Tendangan Yang Mematikan

Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana cara mengetahui jenis kelamin anak ayam bangkok yang berumur 0 – 20 hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang mau memelihara ayam bangkok dari menetas. Salam…

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *