Bireuen

Destinasi  Tempat Wisata Di Bireuen Aceh

Destinasi  Tempat Wisata Di Bireuen Aceh

Kota bireuen adalah salah satu dari beberapa kabupaten yang berada di provinsi aceh. Kabupaten Bireuen ini sendiri adalah kota yang berdiri dari hasil pemekaran kota Aceh utara.

Sedikit sejarah tentang kota Bireuen, kota ini memiliki julukan yaitu kota juang. Bagi kamu yang menyukai sejarah mungkin sudah tau satu fakta jika dulunya kota Bireuen ini ternyata pernah menjadi Ibukota Indonesia kedua yaitu pada tahun 1948.

Dibalik semua sejarah kota Bireuen di masa lalu, tempat ini mempunyai beberapa ragam destinasi wisata yang indah menarik. berada di dekat laut membuat tempat wisata yang ada di kota bireuen ini di dominasi wisata air seperti pantai. Beberpa diantaranya akan dijelaskan dibawah ini.

Air terjun ceuraceu

Tersembunyi di dalam hutan Air Terjun Ceuraceu ini ternyata juga punya keindahan alam yang seharusnya semua orang tahu. Terlebih Air terjun ceuraceu ini yang mana air terjun ini mempunyai 7 tingkatan yang tentunya menambah daya tariknya.

Air terjun Ceuraceu ini sebenarnya lokasinya berada di dekat jalan raya namun karena akses jalan untuk membawa kendaraan yang belum memadai menuju air terju membuatnya menjadi terpencil dan kurang menarik perhatian.

Dibalik minimnya akses ini juga mempunyai sebah keuntungan tersendiri bagi ekosistem air terjun ini, Karena tidak sering didatangi orang orang membuat lingkungan air terjun masih sangat terjaga kealamiannya.

Kamu tidak akan dikenai biaya untuk tiket masuk di air terjun ini, Karena rute menuju jalan ini masih sangat alami terjal dan licin jadi saat perjalanan supaya benar benar hati hati agar tidak tergelincir apalagi terjatuh.

Pakai lah sepatu yang sekiranya nyaman dan tidak licin. Jangan lupa pakai pakaian panjang yang dapat melindungi tubuh kamu dari gigitan serangga.

Pantai peuneulet baroh

Pantai peuneulet baroh ini sendiri lokasinya berada di Desa Peuneulet Baroh, Kec. Simpang Mamplam, Kab. Bireuen provinsi aceh . Berjarak kurang lebih sekitar 38 km dari pusat kota bireuen .

Pantai yang indah ini cukup jauh jaraknya dari pusat kota, Namun perjalanan jauh yang akan memakan waktu lama itu akan terbayar dengan keindahan pantai peuneulet ini serta indahnya pemandangan seakan menghibur pengunjung di perjalanan.

Desiran ombak perlahan bergantian saling menyapu bibir pantai, air laut yang jernih dengan sedikit warna kebiruan tentunya sangat indah di lihat. Tidak lupa dengan lambaian pelepah daun kelapa yang berayun ayun seakan menyapa pengunjung yang datang.

Disini kamu bisa melakukan banyak kegiatan seperti salah satunya adalah bermain pasir, berenang di pantai atau sekedar bersantai menikmati hembusan angin yang menerpa pelan permukaan kulit.

Pantai kuaal raja

Pantai Kuala Raja ini letaknya berada di Desa Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, ptovinnsi Aceh. Lokasi yang cukup strategis karena hanya berjaarak sekitar 3 -4 km saja dari pusat kota Bireuen terutama ketersediaan akses jalan yang memadai.

Kamu dapat datang dengan kendaraan pribadimu. Atau jika tidak membawa kamu bisa menaiki transportasi umum yang banyak tersebardi kota bireuen seperti taksi, becak motor, ataupun labi-labi.

Berbeda dengan pantai lainnya, pasir di pantai kuaal raja ini berwarna coklat bersih yang terhampar rata di menghiasi pantai.

Selama berada di pantai kuaal raja kamu harus menikmati semua pesona dari pantai ini. Setelah lelah bermain dan lapar kamu bisa berburu kuliner seafood yang tersebar di kawasan area pantai.

Semua keindahan itu bisa kamu dapatkan dengan cukup membayar sebesar Rp 5000 saja per orang nya. Pantai ini buka mulai pukul 07.00 sampai 18.00.

Waktu terbaik adalah saat jam 4 sore, yaitu waktu mendekati matahari terbenam sehingga kamu dapat menyaksikan indahnya sunset dari pantai kuaal raja.

Air terjun samalanga

Untuk lokasi lengkap dari air terjun samalanga ini adalah berada di Desa Alue Barat, Kec. Samalanga, Kab. Bireuen. Sebelum sampai di air terjun ini kamu harus mendaki bukit di desa Alue terlebih dahulu, yang kira kira akan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Uniknya air terjun ini adalah bentuk structuralnya. Air terjun normal biasanya berbentuk lurus dari atas sampai kebawah.

Namun berbeda dengan air terjun samalanga yang bertingkat tingkat dari atas sampai ke bawah. Sekilas jika dilihat berbentuk seperti deretan anak tangga yang diairi.

baca juga : Jadwal dan Harga Tiket Kapal Cepat Banda Aceh – Sabang

Beberapa diantaranya bahkan jarang di datangi orang orang. Keindahan wisata alam di kota Bireuen Aceh yang terpendam ini mungkin kedepannya bisa dikelola dengan baik. Seperti memberikan akses jalan yang mudah dilalui dan mempromosikan wisata nya.