Cara Memilih Babon Ayam Bangkok Yang Berkualitas Versi 7saudara.com

Cara Memilih Babon Ayam Bangkok Yang Berkualitas

Bagi peternak ayam bangkok, memilih babon atau indukan yang bagus merupakan hal yang wajib. Babon merupakan sumber utama kesuksesan bagi peternakannya. Babon yang memiliki kualitas yang baik maka akan menghasilkan keturunan yang baik pula.

Bagi pemula, memilih babon yang berkualitas memang lumayan sulit. Tidak segampang memilih ayam bangkok petarung. Kalau memilih ayam bangkok petarung jelas saja gampang, anda cukup melihat kualitas dari pertarungannya, apakah selalu menang atau kalahan. Tetapi berbeda dengan memilih ayam bangkok babon. Ada ciri-ciri khusus yang harus anda pahami.

Dalam peternakkan ayam, ada 2 tipe babon yang di kenal yaitu babon unggulan dan babon cetak. Keduanya kelebihan masing-masing. Berikut ini penjelasan tentang kedua kriteria ayam babon tersebut :

Babon unggulan 

Babon unggulan merupakan babon yang keturunannya murni dari ayam bangkok maksudnya orang tuanya murni bangkok. Kelebihan dari babon unggulan ini dia akan menghasilkan keturunan yang menyerupai induknya.

Bila babon ini di kawinkan dengan ayam jantan yang kualitasnya jelek, maka keturunannya akan dominan mengikuti dari induknya bahkan kualitasnya lebih bagus dari bapaknya. Babon unggulan ini mempunyai ciri-ciri khusus, seperti memiliki silsilah induk yang bagus, struktur tulang yang bagus, bentuk badan yang ideal (seperti botol), dan memiliki teknik bertarung yang bagus juga.

Babon Cetak

Babon cetak merupakan babon yang memiliki kualitas cetak yang bagus, anak-anaknya akan mengikuti sama seperti sifat dari bapaknya. Jika babon cetak di kawinkan dengan ayam jago kampung, maka anak-anaknya akan dominan memiliki sifat dari ayam jago kampung tersebut. Begitu pun sebaliknya.

Bahkan kalo babon cetak di kawinkan dengan jago jelek namun anaknya yang di hasilkan dominan bagus, maka babon cetak tersbut jelek karena tidak sesuai dengan kriteria dia.

Ciri-ciri babon bangkok yang berkualitas baik

Setelah kita mengetahui kriteria dari sifat babon, selanjutnya kita dapat melihat cicir-ciri babon yang baik dan berkualitas, kita dapat melihat langsung secara fisik dan silsilah dari keturunannya. Seperti babon itu memiliki bentuk kepalanya seperti apa, posisi matanya seperti apa, bentuk badannya bagaimana, jenis bulunya sperti apa dan sifat kakinya bagaimana. Kemudian silsilah dari babon tersebut seperti apa, apakah memiliki keturunan murni bangkok, jarang terkena sakit. Nah untuk lebih jelasnya simak pemaparan dibawah ini :

1. Bentuk Kepala

Bentuk kepala ayam babon yang bagus itu jika dilihat dari samping menyerupai kepala ular. Babon yang memiliki ciri-ciri seperti ini biasanya akan memiliki keturunan yang banyak dan perawatan terhadap anaknya bagus. Selain itu babon ini akan menghasilkan keturunan yang memiliki keturunan dengan pergerakan kepala yang luwes apa lagi di kawinkan dengan jago berbentuk kepala seperti kepala pinang.

Ayam jago yang mempunyai pergerakan kepala yang luwes akan sulit menerima pukulan dari lawannya, karena pergerakan menghindar dari pukulan lawannya bagus. Biasanya ayam jago dengan pergerakan kepala yang luwes ini harganya tinggi bisa jutaan.

2. Posisi mata

Jika anda ingin menjadi peternak ayam bangkok yang sukses, jangan abaikan ciri-ciri yang satu ini. Babon yang memiliki mata menjorok kedalam (cekung) memiliki sifat yang bagus dalam merawat anaknya hingga dewasa. Kemudian tingkat keberhasilan dari proses pengeraman telur-telurnya sangat tinggi.

3. Postur badan

Postur badan indukan yang bagus adalah memiliki postur badan seperti botol . Anda dapt merasakannya ketika anda memegang bagian dada sambil diangkat. Babon yang memiliki postur badan seperti ini akan menghasilakan telur yang banyak dari indukan yang biasanya.

4. Bentuk kaki

Bentuk kaki merupakan salah satu pertimbangan dalam memilih indukan yang berkualitas, sama halnya dengan memilih ayam jago petarung. Seekor babon yang memiliki kaki bersisik kering dan jari yang panjang kemungkinan terbesar akan menghasilkan anak yang memiliki sifat kaki sama seperti induknya. Padahal sudah diketahui, kaki ayam yang memiliki sifat seperti itu akan memiliki sifat petarung yang hebat. Memiliki tendangan yang mematikan lawannya.

5. Bulu

Kesehatan hewan dapat dilihat dari bulu yang dimiliki. Seperti halnya memilih induk yang berkualitas, pilihlah indukan yang memiliki bulu yang tersusun rapih, warnanya mengkilap dan bersih karena kesehatan ayam dapat dilihat dari sifat bulu yang dimiliki.

6. Kesehatan

Hal yang paling penting dalam memilih ayam indukan adalah memilih ayam yang kesehatannya baik, tidak mudah sakit. Karena jika memilih hewan yang sakit maka akan menghasilkan anak yang mudah sakit juga. Jadi hal ini penting untuk di perhatikan.

7. Silsilah keturunan

Untuk menghasilkan keturunan yang baik, kita harus tau juga ayam tersebut berasal dari keturunan apa. Sebaiknya memilih indukan yang memiliki keturunan sama-sama bangkok.

Jika kita merawat anak ayam bangkok dari kecil dengan benar maka ketika besarnya tidak akan mengecewakan. Apalagi untuk indukan atau babon, sebaiknya memilih calon babon yang kita rawat dari kecil sehingga kita tau asal usul calon babon tersebut.

Hal tak kalah pentingnya juga dalam merawat anak ayam yaitu memperhatikan pakan yang di berikan, karena 90% pertumbuhan ayam yang baik dari jenis pakan dan kandungan pakan yang di berikan.

Baca juga Cara memilih Ayam Bangkok Dengan Ciri-Ciri Memiliki Tendangan Mematikan

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Memilih Babon Ayam Bangkok Yang Berkualitas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *