Cara Jitu merawat gear dan rantai pada motor Tiger supaya tidak cepat runcing dan melar – 7saudara.com

gear rantai

Bagi kendaraan motor nonmatic, gear dan rantai merupakan salah satu komponen yang penting, yang berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin ke ban. Gear dan rantai sering kali mengalami ke ausan seperti gear menjadi runcing dan rantai menjadi melar (memanjang). Jika gear dan rantai sudah berubah seperti itu maka kita harus mengganti gear dan rantai yang baru.

Sebelumnya, saya akan cerita kenapa gear dan rantai cepat menjadi aus, Gear dan rantai adalah komponen yang bekerja saling bersentuhan, ketika kedua komponen ini bersentuhan maka akan terjadi gaya gesek pada kedua komponen tersebut, sehingga terjadilah panas. Nah, dari situ rantai akan melar dan gear rantai akan menjadi runcing.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya biasanya memberi pelumas di rantai. Kalau mendengar rantai sudah berisik sudah waktunya di beri pelumas. Untuk pelumas, saya biasanya menggunakan oli gardan motor matic yang masih baru. Karena oli tersebut sedikit kental di bandingkan oli mesin. Sebenarnya pakai oli bekas juga tidak masalah sih, cuma kalau oli bekas biasanya tidak lama lengket di rantai. Yah keluar duit dikit gak apa-apa lah buat motor kita juga kok hehee.

Kalau lagi gak males biasanya oli buat rantai saya campur greas (gemuk) supaya lebih kental lagi dan lebih lengket lagi di rantai. Tapi pelumasan rantai seperti itu butuh waktu sedikit lama, karena harus ngolesin rantai bagian dalam yang bersentuhan dengan gear. Kalau dulu sih saya rajin melakukan seperti itu, tapi sekarang sudah males cukup dikasih oli gardan aja sudah cukup.

Demikian artikel tentang tips merawat rantai dan gear dari saya, semoga menjadi referensi anda dalam merawat motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *