7 Panduan Service Mobil yang Bisa dilakukan Sendiri Di Rumah – 7saudara.com

7 Panduan Service Mobil yang Bisa dilakukan Sendiri Di Rumah

Pengetahuan servis mobil merupakan ilmu yang harus dimiliki oleh setiap pengemudi mobil, karena dengan ilmu tersebut kita bisa mengetahui kondisi kendaraan kita apakah layak untuk jalan atau tidak.

Untuk perawatan mobil sendiri dirumah sebenarnya sangat mudah karena hanya dengan bermodal keinginan dan pengetahuan, serta dibantu dengan perlengkapan atau alat yang tepat anda sudah bisa melakukannya.

Selain menambah pengalaman, anda sendiri tidak perlu bolak balik ke bengkel hanya karena masalah sederhana yang harusnya bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Perlu diketahui bahwa merawat mobil dengan baik dan benar tentu akan membuat kondisi mobil kita akan awet dan nyaman saat dikendarai. Tidak perlu was-was mogok saat dibawa keluar rumah.

Selain itu, apabila anda melakukan servis rutin pemakaian bahan bakar mobil anda juga lebih irit dibandingkan dengan mobil yang jarang servis. Dan tentunya saat mobil anda akan dijual, harganya akan tinggi karena perawatan yang anda lakukan.

Agar bisa merawat mobil sendiri, sebaiknya anda memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara servis mobil sendiri. Nah untuk itu berikut ini kami informasikan mengenai 7 Panduan Service Mobil yang bisa dilakukan sendiri di Rumah :

1. Cuci mobil sendiri tanpa harus ke Car Wash

Mencuci mobil kesayangan di car wash memang lebih praktis, namun alangkah lebih baiknya mobil kesayangan anda di cuci sendiri. Dengan mencuci mobil sendiri, anda bisa sekalian mengecek langsung kendaraan anda sehingga ketika ditemukan hal-hal yang tidak normal pada kendaraan anda, anda bisa langsung memperbaikinya.

2. Mengganti Ban Sendiri Jika Sudah Tidak Layak Pakai (Usang)

Ban yang sudah tidak layak pakai (Usang) akan mempengaruhi daya cekram ban terhadap jalanan. Hal ini dapat mempengaruhi keselamat perjalanan anda.

Mengganti ban merupakan cara yang paling mudah dan wajib bagi setiap pengemudi untuk mengetahuinya. Anda cukup menggunakan perlengkapan seperti kunci roda, dongkrak dan ban cadangan anda sudah bisa mengganti ban mobil kesayangan anda.

Jika anda ingin mengganti ban mobil dengan yang baru, sebaiknya gantilah dengan ban mobil yang kualitasnya baik agar ban anda lebih awet.

3. Pengecekan Fuse Box 

Service mobil sendiri selanjutnya adalah pengecekkan bagian fuse box kendaraan anda. Fuse Box merupakan tempat mengontrol kelistrikan mobil anda seperti lampu, radio dan komponen listrik lainnya. Jika ada kompenen listrik anda tidak berfungsi coba lakukan pegecekkan fuse box mobil anda.

Caranya pun cukup gampang, anda cukup menggunakan tang dan fuse cadangan, anda sudah bisa menggantinya. Fuse box yang tidak berfungsi biasa karena kebakar dan harus diganti dengan yang baru

Namun perlu diketahui bahwa jika anda tidak mengetahui letak fuse box mobil anda, anda bisa membuka buku manual kendaraan. Disitu akan ada informasi letak fuse box dan cara membuka serta menutup kembali fuse box mobil anda. Karena setiap jenis mobil akan berbeda letak posisi fuse box.

4. Mengganti Oli Mesin Secara Berkala

Faktor utama agar mesin awet, anda harus melakukan penggantian oli secara berkala yaitu setiap perjalanan sudah menempuh jarak 5000 km. Cara mengganti oli mobil pun cukup gampang yaitu anda cukup membuka saluran pembuangan oli yang terletak dibawah mesin mobil anda dengan kunci pas.

Setelah oli terkuras dengan bersih, tutup kembali saluran pembuangan kemudian isi dengan oli yang baru dan rapihkan lagi.

Baca juga perawatan mesin motor agar awet

5. Jaga Level Air Aki Agar Tidak Kering

Peran aki pada mobil sangatlah penting yaitu untuk menyalakan mesin mobil anda. Oleh sebab itu, anda harus benar-benar memperhaikan kondisi aki mobil anda. Jika mobil anda agak susah nyala saat di starter atau ketika di starter dinamo starter agak berat berputar sebaiknya cek kondisi aki anda. Biasanya air aki mobil anda sudah kering.

Cara menambah lever air aki cukup mudah, anda cukup mempersiapkan isi ulang air aki dan obeng kemudian buka tutup air aki yang terdapat pada aki mobil anda. Kemudian tambahkan air isi ulang hingga level UP.

5. Cek Air Radiator 

Air Radiato berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin, Pelumas dan anti karat pada mesin kendaraan anda. Apabila air radiator anda habis, maka dapat dipastikan mesin mobil anda mengalami overheat dan bisa saja terjadi kerusakan pada komponen mesin mobil anda.

Cara mengecek air radiator mobil anda sangat gampang, anda cukup membuka tutup radiator mobil anda dan lihat level air pada radiator anda.

Jika sudah sedikit isi ulang air radiatornya dengan cairan coolant. Umumny air radiator diganti setiap kendaraan sudah menempuh perjalanan sejauh 20.000 km

Perhatian saat mesin dalam keadaan panas, anda dilarang membuka tutupnya karena dapat menyebabkan ledakan pada radiator anda.

7. Ganti Busi secara berkala Agar Mesin Lebih Awet

Jika mobil anda sulit dinyalakan, hal yang pertama yang perlu anda lakukan adalah periksa kondisi busi mobil anda. Adapun ciri-ciri busi yang perlu diganti adalah busi yang terlihat melemah saat proses pengapian atau busi memiliki percikan api sedikit saat mesin dinyalakan.

Umumnya penggantian busi mobil dapat dilakukan apabila umur penggunaan busi sudah mencapai jarak tempuh 45.000 km, namun dianjurkan untuk mengganti busi mobil tersebut sebelum mencapai angka normalnya yaitu sebelum 45.000 km.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai 7 Panduan Service Mobil yang Bisa dilakukan Sendiri Di Rumah. Semuanya panduan diatas bisa anda lakukan dirumah tanpa harus ke bengkel. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *